spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Selain Sektor Perikanan, Saga Dorong Masyarakat Kembangkan Perkebunan

TANJUNG REDEB – Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga menggelar reses di Kampung Kasai pada Jumat (8/3/2024) malam. Dirinya mengajak masyarakat tak hanya fokus di sektor perikanan, melainkan juga perkebunan.

Dia mengungkapkan, masyarakat Kampung Kasai juga pernah mengusulkan pengembangan bidang perkebunan. Terlebih, komoditi kelapa sawit dan kakao memiliki potensi yang menjanjikan.

“Selain itu permintaan pasarnya juga banyak, seperti komoditi kakao yang pasarnya bisa sampai ke luar negeri,” ungkapnya.

Dirinya membeberkan, masih banyak lahan yang belum dikelola masyarakat, sehingga dapat menjadi modal awal untuk mengembangkan perkebunan.

“Tidak kalah dengan sektor lainnya, begitu juga dengan sektor perkebunan yang saat ini sangat berkembang dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” tuturnya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berkomitmen akan mendorong pemerintah daerah untuk membuat jalan usaha tani. Sebab, kata Saga, mempermudah masyarakat yang bergelut di bidang perkebunan.

“Tapi yang tidak kalah penting adalah status lahan yang mau dibuat jalan usaha tani. Apakah lahan KBK atau tidak. Kalau tidak tentunya akan lebih mudah merealisasikan jalan usaha tani tersebut,” ujarnya.

Baca Juga:   Pembangunan di Sektor Pendidikan dan Kesehatan Harus Berkesinambungan

Selain itu, rencana selanjutnya adalah pembentukan koperasi. Karena Saga menilai dapat mempermudah mendapatkan bantuan pupuk, alat bantu dan lainnya.

“Nanti masyarakat tidak hanya dibantu oleh pemerintah daerah saja, tapi juga bisa mendapatkan bantuan dari provinsi hingga pemerintah pusat,” ucapnya.

Saga berharap, niat baik yang disampaikan pada kesempatan kali ini bisa berjalan lancar dan tidak ada masalah berarti yang akan dihadapi kedepannya.

“Semoga dengan hadirnya saya sebagai perwakilan rakyat bisa memfasilitasi dan memperjuangkan aspirasi masyarakat 6 kecamatan pesisir, khususnya di Kecamatan Pulau Derawan,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER