spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sarankan Dinkes Lakukan Pengecekan Takjil

TANJUNG REDEB – Setiap perayaan bulan puasa, berbagai macam takjil untuk berbuka banyak ditawarkan para pedagang di Pasar Ramadan. Maka dari itu, Anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pengecekan terhadap seluruh makanan dan minuman yang dijual.

Ia menerangkan, pengecekan dilakukan guna mencegah adanya pedagang yang nakal mencampurkan bahan-bahan berbahaya ke dalam makanan maupun minuman yang ditawarkan demi meraup cuan lebih.

“Bulan puasa sangat identik dengan jajanan-jajanan yang beraneka ragam. Maka dari itu kami memohon dinas terkait bisa segera melakukan pengecekan dengan mengambil sampel untuk diperiksa,” katanya, Kamis (14/3/2024).

Lanjutnya, pengecekan harus dibarengin dengan sosialisasi serta peringatan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar pedagang tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan konsumen.

“Kalau bisa pengecekan dilakukan baik di pinggir jalan ataupun di Pasar Ramadan, supaya pembeli tidak ragu lagi. Dan mohon juga dipastikan pedagang ini paham apa saja bahan-bahan yang tidak diperbolehkan dipakai dalam makanan dan juga minuman,” jelasnya.

Baca Juga:   Cegah Perundungan, Harap Pendidikan Karakter Anak Diperhatikan

Politikus Golkar ini berharap, para pedagang yang menjajakan makanan dan minuman tidak menggunakan bahan berbahaya dalam dagangan mereka.

“Saya harap di bulan suci Ramadan tidak menjadi momen meraup keuntungan dengan cara yang tidak baik. Jadi berdaganglah juga dengan cara yang jujur dan baik, jangan sampai demi keuntungan yang tidak seberapa nekat mempertaruhkan kesehatan dan keselamatan konsumennya,” tutup Elita. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER