spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kapal Indomaya Rute Tarakan-Tawau Dibuka November, Tiket Diprediksi Lebih Murah

TARAKAN – Setelah sempat tertunda karena mengalami kerusakan pada mesin, Kapal Indomaya rute Tarakan-Tawau akan segera dibuka kembali pada November 2023. Hal ini menyusul kabar bahwa perbaikan kapal hampir selesai. Demikian disampaikan General Manager (GM) PT Pelindo Persero Regional IV Cabang Tarakan Rio Dwi Santoso, Kamis (9/11/2023).

“Insyaallah November 2023 kita launching lagi. Kabar gembiranya untuk rute sekarang bisa lewat Sungai Nyamuk. Kemaren kan harus lewat Nunukan Sekang bisa lewat Sungai Nyamuk jadi perjalanannya lebih pendek,” ucapnya.

Namun, Rio tak menjelaskan tanggal pasti kapan kapal akan beroperasi, mengingat masih dalam proses perbaikan.

Kendati demikian, dia mengatakan pelayanan rute Tarakan-Tawau sudah bisa dilakukan melalui Sungai Nyamuk, sehingga jarak tempuh dan harga tiket diprediksi lebih murah.

“Berdasarkan hasil trial penyebrangan beberapa waktu lalu, estimasi waktu 4 jam lamanya. Jika perjalanan lewat Sungai Nyamuk akan memakan waktu lebih singkat,” ungkapnya.

Terkait harga tiket, yang dahulunya Rp 1 juta, karena sudah bisa melalui Sungai Nyamuk maka diprediksi mengalami penurunan kurang lebih Rp 750 ribu. “Itu prediksi, harga tetap akan ditentukan oleh operator,” ujarnya.

Baca Juga:   PKS Rekomendasi Khairul di Pilwali Tarakan 2024, Ini Alasannya

Rio menyebut Kapal Indomaya rute Tarakan-Tawau muat untuk 126 penumpang. Dia pun optimis kapal ini akan bisa beroperasi pada November 2023.

“Perbaikan hampir selesai dan perbaikannya dilakukan di Tawau, Malaysia,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Indomaya rute Tarakan-Tawau dilaunching pada (29/9/2023), hasil kesepakatan Imigrasi, Bea Cukai, operator dan pihak terkait lainnya. Namun ditunda beroperasi karena mengalami kerusakan mesin.  Diketahui pula, dahulunya Kapal Indomaya rute Tarakan-Tawau sempat beroperasi namun terhenti karena terjadi pandemi Covid-19. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER