spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Berburu Takjil untuk Berbuka Puasa, 3 Tempat Ini Jadi Primadona di Tarakan

TARAKAN – Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, biasanya tradisi berburu takjil dilakukan umat muslim, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Takjil untuk berbuka puasa sendiri sangat beragam mulai dari kue, kolak, gorengan, lontong, jajanan kaki lima, hingga berbagai jenis es.

Biasanya, terdapat tempat khusus saat puasa yang menyajikan berbagai macam takjil untuk dibeli masyarakat.

Di Tarakan sendiri, terdapat beberapa spot yang menjadi titik untuk masyarakat berburu takjil sekaligus ngabuburit menunggu waktu berbuka.

Berikut beberapa tempat berburu takjil primadona di Tarakan yang ramai dan ikonik, yang dirangkum mediakaltimtara.com, Minggu (17/3/2024).

1. Pasar Ramadan Markoni

Di Kota Tarakan, salah satu lokasi yang kerapkali diserbu warga untuk memburu takjil adalah pasar Ramadan Markoni yang berada di halaman Kantor Kelurahan Pamusian, Tarakan Tengah.

Sebanyak 55 stand disediakan pengelola untuk para pedagang. Berbagai jenis takjil tersedia di pasar Ramadan ini mulai jajanan kue, makanan, hingga minuman.

Harganya yang murah dan banyaknya variasi jajanan membuat pasar Ramadan ini selalu ramai diburu masyarakat Tarakan.

Baca Juga:   Gubernur Sambut Baik Sinergitas ISEI Tarakan

2. Pasar Ramadan Masjid Al-Ma’arif

Salah satu masjid yang selalu ramai dikunjungi warga Tarakan saat Ramadan tiba adalah Masjid Al-Ma’arif, Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Tarakan Tengah.

Tak hanya untuk beribadah, di area masjid ini juga selalu rutin menggelar pasar Ramadan yang menyediakan takjil untuk berbuka puasa setiap tahunnya.

Pasar Ramadan Masjid Al-Ma’Arif. (ADE/MKR)

Di pasar Ramadan ini terdapat beragam takjil khas berbagai daerah yang ditawarkan. Mulai dari onde-onde, tahu isi, cenil, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga makanan berat hingga berbagai jenis es buah.

Takjil-takjil tersebut memiliki rasa yang lezat dan tentunya cocok banget dijadikan menu berbuka puasa. Selain makanan dan minuman, ada beberapa pedagang menjual pakaian muslim dan kelengkapan untuk sholat, seperti kopiah, sarung, dan lainnya di pasar Ramadan ini.

3. Pasar Ramadan Sebengkok

Selanjutnya, pasar Ramadan di sekitaran Jalan Sebengkok, Tarakan Tengah, Kota Tarakan yang selalu menjadi primadona masyarakat. Lokasinya yang cukup strategis karena berada di pusat kota menjadikannya salah satu destinasi kuliner populer selama bulan Ramadhan. Aneka macam takjil dan makanan berat bisa anda temui di pasar Ramadan ini.

Baca Juga:   Gubernur Zainal Tegaskan ASN Harus Netral
Pasar Ramadan Sebengkok. (ADE/MKR)

Sejak dulu kawasan Sebengkok memang dikenal sebagai salah satu tempat kuliner masyarakat Tarakan, terlebih saat Ramadan seperti saat ini. Di lokasi ini, anda dapat menemui pedagang takjil mulai dari Jalan Sebengkok hingga Diponegoro

Nah, itulah beberapa tempat di Tarakan yang biasanya ramai dikunjungi warga untuk berburu takjil selama bulan Ramadhan. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER