test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tekan Angka Pengangguran, Minta Pelatihan Tenaga Kerja Berdasarkan Kompetensi

TANJUNG REDEB – Guna menekan meningkatnya angka pengangguran, Wakil Ketua II DPRD Berau, Ahmad Rifai menegaskan harus ada langkah konkrit untuk hal tersebut.

Dia mengungkapkan, adanya angka pengangguran tidak boleh terus dibiarkan. Maka dari itu, pihaknya di jajaran legislatif memasukkan dalam rekomendasi LKPj Bupati Berau.

“Kami meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dapat meningkatkan pelatihan tenaga kerja berdasarkan kompetensi pada sektor yang padat tenaga kerja,” ungkapnya.

Selain itu, Rifai membeberkan bahwa langkah lain yang diharapkan DPRD diupayakan Pemkab Berau adalah peningkatan pembinaan lembaga pelatihan swasta yang berkontribusi nyata dan mempermudah perizinan lembaga pelatihan swasta.

“Bila perlu adakan pelatihan bersertifikat, baik tingkat nasional maupun internasional dalam rangka menyambut IKN,” sebutnya.

“Jadi kami mendorong semua pihak baik pemerintah maupun swasta untuk dapat terlibat secara langsung dalam kegiatan bursa kerja, serta pemberian konsultasi gratis dan terprogram kepada UMKM terkait produktivitas tenaga kerja,” tambhanya.

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini menilai, dalam hal peluang kerja, OPD terkait lebih memahami situasi dan kondisi perkembangan ekonomi di daerah, khususnya soal ketersediaan lapangan kerja.

Rifai berharap Pemkab Berau dapat membuat program prioritas guna menekan angka pengangguran bisa menurun pada tahun 2024 ini.

“Kami meminta Pemerintah daerah berkoordinasi dengan para investor untuk membuka peluang kerja kepada masyarakat lokal. Hal ini untuk memastikan jumlah tenaga kerja daerah bisa terserap maksimal,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER