test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sorot Adanya Dugaan Pungli di Destinasi Wisata

TANJUNG REDEB – Adanya kabar di salah satu destinasi wisata yang dimanfaatkan oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan menjadi perhatian jajaran legislatif.

Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo menegaskan agar adanya dugaan Pungutan Liar (Pungli) tersebut dapat dicegah terjadi kembali di tempat wisata lainnya.

“Ini perlu diperhatikan, karena Berau memiliki banyak destinasi wisata. Jangan sampai ini menjadi pengalaman negatif bagi wisatawan kita,” katanya.

Lanjut Falen, sebenarnya ada beberapa cara efektif yang bisa diterapkan guna mencegah Pungli di tempat-tempat wisata. Seperti membangkitkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di setiap tempat wisata.

“Dengan membuat konsep tempat kuliner atau sebagainya ini membuka peluang bagi masyarakat mendapat keuntungan tanpa harung melakukan Pungli,” tuturnya.

Dirinya berharap, pemerintah mampu membangun komunikasi dan menjembatani masyarakat dalam membuka peluang bisnis tanpa harus memanfaatkan sektor wisata dengan cara kurang baik.

“Harus ada edukasi dan arahan dari pemerintah daerah juga, jadi masyarakat bisa mendapat keuntungan tanpa harus melakukan Pungli di tempat wisata,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER