spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

September Mendatang, Batik Air Buka Rute Berau-Jakarta dan Berau-Surabaya

JAKARTA – Harapan kembali dibukanya penerbangan dengan pesawat jet narrow body ke bandara Kalimarau mulai terjawab. Tahap awal ini dijadwalkan maskapai Batik Air dari Lion Group akan membuka rute penerbangan Jakarta-Berau dan Surabaya-Berau dengan pesawat jenis  airbus. Penerbangan perdana dijadwalkan pada 1 September 2023.

Rencana tersebut disampaikan langsung Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Maria Kristi Endah Murni, saat menerima kunjungan Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas bersama Kepala IPBU Kalimarau, Ferdinan Nurdin dan Kepala Dinas Perhubungan Berau, Andi Marawangeng di Kantor Kemenhub di Jakarta, Jumat (11/8/2023).

Didampingi tim teknis, Dirjen menjelaskan bahwa manajemen maskapai Batik Air telah mengajuk ijin slot untuk di penerbangan di bandara Soekarno Hatta di Jakarta maupun bandara Juanda di Surabaya. Ia memastikan untuk perijinan tidak akan lama karena sudah menerapkan sistem online. Kami akan proses cepat, agar mereka sudah bisa mulai memasarkan. “Tidak lama itu, yang lama itu nanti mereka (maskapai) melakukan rotasi penerbangannya,” jelasnya.

Termasuk untuk penerbangan dari Balikpapan Berau juga akan ditawarkan kepada maskapai untuk dapat juga melayani dengan pesawat jet narrow body. Namun yang pasti jika penerbangan yang sudah dijadwalkan berjalan lancar, tentu akan ada peluang lainnya. “Insyaallah Yang sudah pasti Batik Air Cengkareng-Kalimarau direct dan Surabaya-Kalimarau, yang balikpapan memang belum, tapi jika ada keinginan untuk itu kami akan menawarkan ke maskapai jet narrow body untuk bisa menambah kapasitas penerbangan Balikpapan-Berau,” ungkap Yayuk, tim teknis Sitjen Hubdu.

Baca Juga:   Rp 23 Miliar Digelontorkan untuk LPJU, Dishub Berau: Agar Tak Ada Lagi Kawasan yang Gelap

Sementara itu Kepala UPBU Bandara Kalimarau, Ferdinan Nurdin, menegaskan pihak bandara yang kini sudah berstatus badan layanan umum (BLU) akan memberikan relaksasi pembiayaan kepada maskapai jet narrow body yang akan melayani penerbangan ke Berau. Ini sebagai bentuk komitmen bersama sama pemerintah daerah agar pesawat berbadan lebar mendarat di Bumi Batiwakkal. “Ini komitmen kami, permasalahan luar biasa didaerah juga harus lakukan dengan hal hal luar biasa untuk memberikan yang terbaik,” tegasnya.

Selain dengan Kementerian Perhubungan, Bupati Sri Juniarsih juga berkomunikasi dengan maskapai penerbangan. Diantaranya langsung dengan presiden direktur lion group, menyampaikan harapan masuknya pesawat berbadan lebar agar dapat menekan tingginya harga tiket. “Kami berkomitmen termasuk kemungkinan dilakukan blockseat kami siap pemerintah daerah bersama dunia usaha di Kabupaten Berau,” tandasnya. (RN/Prokopim/dez)

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER