spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sakirman Siap Wadahi Anak Muda di Dapilnya untuk Kembangkan Potensi Yang Dimiliki

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi III DPRD Berau, Sakirman mendorong anak muda di Daerah Pemilihan (Dapil) IV untuk mengembangkan bakat atau potensi yang dimiliki.

Diketahui, Dapil IV meliputi Kecamatan Kelay, Tabalar dan Sambaliung. Sehingga, dari tiga wilayah tersebut tidak menutup kemungkinan memiliki anak muda yang mempunyai bakat.

Dikatakan Sakirman, saat ini dirinya tengah mempersiapkan wadah untuk anak muda yang siap maju dalam ajang pemilihan Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kabupaten Berau 2024.

“Maksud dari wadah yang disiapkan ini adalah untuk merangkul anak anak muda yang siap berkompetisi di ajang pemilihan Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata. Jadi, sebelum mereka mengikuti seleksi, kita memberikan Pembekalan pengetahuan basic atau pengetahuan dasar dulu,” katanya kepada awak media ini.

Dibeberkannya, nantinya materi akan di sampaikan langsung oleh para alumni yang sudah pernah mengikuti kegiatan ajang Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata di tahun sebelumnya, dan juga dibantu oleh pemateri profesional lainnya yang memang sesuai dengan bidang yang dimiliki, untuk diberikan kepada anak muda yang berminat mengikuti ajang tersebut.

Baca Juga:   Ini yang Ditampilan Sekretariat DPRD Berau dalam EXPO

“Untuk di Dapil saya, sangat banyak potensi wisata yang belum terekspos secara luas. Jadi, ini merupakan kesempatan untuk anak-anak muda di Dapil saya mengenalkan destinasi wisata di daerahnya,” ucapnya.

Komitmen ini dinyatakan Sakirman bertujuan untuk memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) di Dapilnya. Khususnya, anak-anak muda yang baru saja selesai menempuh dunia pendidikan.

“Jangan anak-anak muda di wilayah perkotaan saja yang berkembang. Maka dari itu, adanya komitmen saya untuk mewadahi anak muda yang berminat menjadi Duta Budaya, Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kab. Berau 2024 ini bisa jadi peluang,” ujarnya.

Sementara, Alumni Duta Pariwisata Berau Tahun 2022 dan Wakil Duta Budaya Kalimantan Timur 2022, Asrin Syah, yang ditunjuk untuk mendampingi dan memberikan pembinaan kepada calon peserta yang ada di Dapil lV, mengatakan telah melakukan beberapa persiapan untuk para peserta.

“Sudah ada beberapa persiapan yang kita lakukan walaupun kita tidak bertemu setiap saat kita juga melakukan komunikasi online,” jelasnya.

Dirinya ingin para calon peserta yang dibinanya bisa menguasai dan paham tentang pariwisata dan budaya yang ada di Bumi Batiwakkal.

Baca Juga:   Penguraian Masalah Tanah Negara Cukup Rumit

Lanjutnya, untuk mencapai sebuah tujuan yang juga ingin dicapai oleh orang lain memanglah tidak mudah. Sama dengan dirinya yang mencoba hingga 3 kali sehingga bisa mendapatkan gelar yang diinginkannya.

“Saya 3 kali coba dari 2019,2020, 2022 baru bisa mendapat juara 3 kemudian dikirim ke provinsi untuk mengikuti ajang duta budaya alhamdulillah menjadi wakil l juara 2,” bebernya.

Dia berharap anak muda yang ada di kampung bisa bersaing dengan anak-anak yang ada di kota. Namun, memang seringkali mereka mengalami beberapa masalah seperti, kesulitan dalam mengakses informasi karena keterbatasan jaringan telekomunikasi.

“Terkadang juga mereka bingung harus kemana untuk mencari tau informasi selanjutnya, biasanya yang menjadi keluhan mereka karena minder atau tidak percaya diri. Mindset itulah yang ingin kita ubah, Dengan harapan mereka bisa mengembang potensi yang dimiliki,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER