test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratna: Pemkab Berau Harus Siapkan Anggaran Khusus untuk Tenaga Medis

TANJUNG REDEB – Anggota Komisi II DPRD Berau, Ratna Kalalembang mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau seharusnya bisa menyiapkan anggaran khusus untuk kebutuhan tenaga medis, khususnya dokter spesialis di Berau.

Pasalnya, ia melihat hingga saat ini rumah sakit di Kabupaten Berau masih sangat minim untuk dokter spesialis. Hal ini tentu menyebabkan pelayanan kesehatan kurang maksimal untuk melayani masyarakat Bumi Batiwakkal. Karena itu, diperlukan tambahan tenaga dokter spesialis untuk mengisi kekurangan yang ada.

Menurutnya, Pemkab Berau sudah seharusnya menyiapkan anggaran untuk menyekolahkan para dokter di Berau, baik pada jenjang spesialis maupun pada taraf sub spesialis. Hal itu diperlukan mengingat tenaga dokter spesialis sangat dibutuhkan. “Hal itu juga harus jadi perhatian serius agar kesehatan yang berkualitas dapat terpenuhi,” jelasnya.

Pendidikan bagi para dokter spesialis, lanjutnya, tidak hanya dimaksud untuk meningkatkan pelayanan tetapi juga menunjang pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Abdul Rivai yang saat ini sedang dilakukan. Berikutnya RSUD Tanjung Redeb yang sedang dalam tahap pembangunannya.

Terlebih, saat ini Pemkab Berau tengah proses pengembangan pembangunan rumah sakit baru yang lebih representatif. Dimana, kebutuhan SDM tenaga kesehatan dibutuhkan lebih banyak.

“Percuma ada banyak rumah sakit kalau SDM untuk tenaga kesehatan kurang. Tentu kebutuhan SDM tenaga kesehatan juga harus diperhatikan lebih serius untuk pendidikan dokter spesialis. Agar kriteria dokter spesialis yang dibutuhkan bisa terpenuhi,” tegasnya.

Menurut Ratna, dengan adanya penambahan dokter spesialis akan membantu atas keluhan para pasien ketika berobat ke rumah sakit. Bahkan ada keluhan bahwa pelayanan pada hari Sabtu-Minggu tidak terlaksana selain karena hari libur, juga karena kurangnya dokter spesialis yang melayani.

“Ketika Sabtu dan Minggu dokter di rumah sakit tidak ada. Maka saya harap pemerintah dan rumah sakit bisa memberikan kebijakan untuk dokter selalu standby ada pada hari tersebut,” tutupnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER