test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pulau Derawan Masuk 50 Besar ADWI, Bupati Sri Juniarsih: Jaga Kualitas Pariwisata

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih mengapresiasi Desa Wisata Pulau Derawan masuk ke dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Ia mengungkapkan, adanya prestasi tersebut Pulau Derawan harus tetap menjaga kualitas pariwisatanya agar dapat menarik minat wisatawan menjadi lebih tinggi.

Selain itu, untuk kampung yang memiliki potensi wisata namun tidak masuk 50 besar ADWI diharapkan Sri Juniarsih terus berbenah. “Supaya ke depan dapat menjadi kampung wisata terbaik di Indonesia,” tuturnya.

Dirinya juga menginginkan dampak positif di sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Berau agar dapat meningkat bersamaan dengan pariwisata yang ada.

“Pemkab Berau akan memberikan dukungan penuh, begitu juga kita menginginkan agar semangat dalam membangun kampung menjadi lebih baik,” tegasnya.

Sementara, Kepala Kampung Pulau Derawan, Indra Mahardika memaparkan perjalanan Kampung Pulau Derawan hingga akhirnya mampu lolos pada 50 besar ADWI yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tersebut.

Rintisan pertama dimulai sejak awal 2020, Pulau Derawan telah mempersiapkan pariwisata berkelanjutan yang diharapkan mampu mensejahterakan masyarakat.

Pertama kali mengikuti ADWI Pulau Derawan mampu masuk dalam 500 besar pada 2021 dan 2022 lalu.

Selanjutnya, pada 2023 berhasil naik tingkat dengan lolos dalam 300 besar. Hingga akhirnya, perjalanan itu terbayarkan pada 2024 dan masuk dalam 50 besar.

Bahkan, itu juga menjadi target dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau sebagai instansi teknis yang selama ini mendampingi Kampung Pulau Derawan.

“Apa yang kami gagas diawal bersama masyarakat dan stakeholder terkait, tidak lepas dari dukungan Pemkab Berau,” ucapnya.

Tahun ini pihaknya telah mempersiapkan berbagai hal sesuai dengan tema “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia”.

Mulai dari mempersiapkan data penunjang dan pendukung yang selama ini telah dibangun di Pulau Derawan. Salah satunya berkolaborasi dengan berbagai non government organization (NGO), seperti World Wide Fun for Nature (WWF) dan global konservasi, diluar dukungan dari Pemkab Berau.

“Alhamdulillah, Pulau Derawan satu-satunya kampung di Kabupaten Berau yang masuk 50 besar ADWI. Kami akan mendapat bantuan dana stimulus dari Kemenparekraf. Rencananya akan digunakan untuk membangun beberapa spot destinasi wisata di Pulau Derawan,” ungkapnya.

Selama ini pihaknya berkomitmen terus menjaga ekowisata, terumbu karang hingga kebersihan di tempat wisata. Banyak daya tarik yang bisa ditawarkan Pulau Derawan, pun tidak kalah dengan biota laut yang masuk pada wilayah administrasi Kampung Pulau Derawan.

Seperti ubur-ubur, mantarai, penyu, hingga whale shark yang ikut ditampilkan dalam video profil. Menurutnya, daya tarik wisata di Pulau Derawan sangat lengkap jika dibanding kampung-kampung lainnya di Indonesia.

Dalam waktu dekat ini, Pulau Derawan akan mempersiapkan diri untuk menyambut Menparekraf, Sandiaga Uno. Di mana direncanakan akan berkeliling pada 50 besar desa wisata di Indonesia.

“Informasinya Sandiaga Uno akan berkeliling di desa wisata yang masuk dalam 50 besar ADWI. Jadi kami akan mempersiapkan penyambutan untuknya,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER