test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Berau Terapkan Transaksi Digital untuk Peningkatan PAD Berau

TANJUNG REDEB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau terus mendorong optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Berau secara maksimal melalui pajak dan retribusi daerah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Berau, Sri Juniarsih pada saat penandatanganan perjanjian kerja sama perangkat daerah dengan PT BPD Kaltimtara cabang Tanjung Redeb dan sosialisasi SPT PBB-P2 tahun 2024, di Gedung Balai Mufakat, Selasa (4/6/2024).

“Perlu adanya perkuatan sinegritas dalam meningkatkan pendapatan daerah. Salah satunya melalui pajak dan retribusi daerah,” ungkapnya.

“Ini wujud komitmen kita bersama dalam transparansi pengelolaan keuangan daerah,” tambahnya.

Dirinya menyampaikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk terus mendukung dan melakukan pembayaran pajak maupun retribusi daerah melalui digitalisasi.

“Sekarang pembayaran tersebut bisa melalui digital. Hal ini memudahkan tanpa harus mendatangi kantor pajak ataupun bank,” ucapnya.

Untuk itu, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi semua pihak pada aspek pendapatan daerah, kepercayaan publik, serta tata kelola transaksi digital.

“Karena kita juga menyesuaikan diri dengan kemajuan zaman era digitalisasi,” tuturnya.

Menurutnya, ini dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih transparan dan akuntable, sehingga Sosialisasi SPT PBB-P2 memberikan manfaat agar dapat diimplementasikan pada pembangunan.

Kata dia, jajaran Bapenda juga harus berkoordinasi bersama unsur perbankan dalam mengoptimalkan pendapatan daerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Peserta wajib pajak di Kabupaten Berau harus menyadari akan pentingnya membayar pajak. Mari bersama kita berikan kontribusi bagi kemajuan di Kabupaten Berau,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bapenda Berau, Djupiansyah Ganie, menyampaikan dengan adanya MoU ini tentunya ada hak dan kewajiban yang sama untuk bisa memberikan pelayanan maksimal kepada wajib pajak dan retribusi. Ada sekitar 15 organisasi perangkat daerah (OPD) yang melakukan penandatangan kerja sama.

Bapenda Berau juga meluncurkan E-SPT PBB, jadi pembayaran pajak bumi dan bangunan itu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja melalui web atau aplikasi. “Ini memberikan kemudahan kepada wajib pajak untuk melakukan pembayaran pajak tanpa harus antre lagi,” ucapnya.

Menurutnya, melalui aplikasi yang dibuat dengan bekerja sama dengan PT BPD Kaltimtara cabang Tanjung Redeb ini menjadi salah satu komitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat wajib pajak dan retribusi untuk melakukan pembayaran.

Kata dia, tentunya dalam rangka mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Berau. Selain itu, untuk meningkatkan transparansi serta transaksi keuangan daerah guna mendukung tata kelola keuangan daerah.

“Kemudian, kami mendorong perangkat daerah baik kecamatan dan keluharan untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait transaksi pembayaran digitan untuk pajak dan retribusi daerah,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER