test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PAN Rekomendasi Maryam Maju Pilkada Tarakan 2024

TARAKAN – Partai Amanah Nasional (PAN) akhirnya mengeluarkan surat rekomendasi terkait figur yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tarakan 2024.

Dalam surat yang dikeluarkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN tersebut merekomendasikan Maryam sebagai calon Wali Kota Tarakan pada Pilkada 2024.

Sebelumnya, nama Syamsi Sarman, Ketua Muhammadiyah Kaltara mencuat dan digadang-gadang akan direkomendasikan PAN sebagai calon wakil wali kota pada Pilkada Tarakan 2024. Hal ini lantaran Syamsi dinilai memiliki kedekatan dengan partai PAN.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Tarakan, Harjo Solaika menjelaskan, ada dua figur yang mendaftar pada proses penjaringan sebagai calon wakil wali kota Pilkada Tarakan, yakni Syamsi Sarman dan Maryam.

Lebih jauh dijelaskannya, sejumlah hal menjadi syarat untuk bisa direkomendasikan pada Pilkada 2024 mendatang. Salah satunya meminta figur hadir dalam rakornas PAN.

“Ketum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan akan memberikan rekomendasi kepada kepala daerah dan wakil kepala daerah yang teah mengambil formulir penjaringan dan hadir rakornas. Dua syarat itu yang ditekankan Ketum,” ucapnya, Senin (27/5/2024).

Sayangnya, dalam rakornas tersebut Syamsi Sarman tidak hadir. “Undangan DPP untuk hadir rakornas itu wajib. Itu mungkin jadi salah satu pertimbangan,” ungkapnya.

Usai surat rekomendasi itu keluar, lanjut Harjo, termuat beberapa hal. Pertama, menyetujui dan merekomendasikan Maryam sebagai bakal calon Wakil Wali Kota Tarakan 2024.

Kemudian, menugaskan bakal calon Maryam mencari pasangan Wali Kota Tarakan. Selanjutnya, mendapatkan partai politik koalisi lain, sebab saat ini PAN hanya memperoleh satu kursi dan dibutuhkan lima kursi lagi. Lalu, intens menjalin komunikasi kepada DPP dan DPW PAN.

“Melaksanakan kerja kerja politik dengan cerdas dan anggup menanggung biaya survei yang ditunjuk oleh PAN,” kata Harjo.

Sementara itu, Maryam yang juga mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk serta Keluarga Berencana (DP3APPKB) Tarakan, mengatakan terima kasih atas PAN yang telah merekomendasi dirinya maju di Pilkada.

Menurutnya, ini amanah yang besar kepada dirinya, namun berbekal niat tulus, ia menyakini dapat menjalankan amanah dan tanggung jawab tersebut. Untuk itu, ia akan berjuang keras agar dapat menjalankan amanah yang ditugaskan PAN kepada dirinya usai surat rekomendasi keluar. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER