Free Porn
xbporn
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Layanan Kesehatan Secara Berkala, Jangkau Masyarakat Adat Punan Batu Benau

TANJUNG SELOR – Layanan kesehatan yang merata bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Bulungan, sudah menjadi tanggungjawab dari pemerintah daerah.

Hal itu kemudian, yang menjadi fokus perhatian dari pemerintah daerah terkait dengan pemenuhan layanan kesehatan bagi masyarakat adat Punan Batu Benau di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan.

Bupati Bulungan Syarwani memerintahkan kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bulungan, khususnya dinas terkait supaya memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat Adat Punan Batu Benau.

Namun, perhatian layanan kesehatan yang dimaksud Syarwani bukanlah pembangunan infrastruktur kesehatan di pemukiman Masyarakat Adat Punan Batu Benau, melainkan layanan kesehatan yang bersifat menerjunkan petugas kesehatan ke lokasi secara periodik atau berkala.

“Kita tidak membangun dalam konsep harus mendirikan bangunan puskesmas. Tidak mesti pembangunan seperti itu, tapi menerjunkan petugas kesehatan secara berkala dan terjadwal itu juga bagian dari komitmen kita memberikan layanan kesehatan merata kepada saudara-saudara kita yang ada di Punan Batu Benau,”ucap Bupati Bulungan Syarwani saat ditemui, beberapa waktu lalu.

Mengapa pemerintah memilih dengan cara seperti itu, karena dikhawatirkan jika di bangun infrastruktur fisik dikhawatirkan bakal menghilangkan identitas masyarakat adat Punan Batu Benau.

“Karena kita khawatir fasilitas infrastruktur yang bangun di sana, malah hanya bisa memudahkan akses kita di luar wilayah Bulungan mendatangi mereka, tapi bisa jadi merusak orisinalitas kearifan lokal dan identitas mereka sebagai masyarakat hukum adat Punan Benau,”tegas Syarwani.

Sementara itu, Ketua DPRD Bulungan, Kilat saat dikonfirmasi menambahkan pemberian layanan kesehatan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Bulungan sudah menjadi keharusan pemerintah daerah.

DPRD Bulungan mendorong hal yang berkaitan dengan pembangunan sumber daya manusia dan perhatian yang selayaknya didapatkan oleh masyarakat.

“Kita mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah daerah, termasuk pelayanan kesehatan yang bersifat secara berkala bagi masyarakat Adat Punan Batu Benau, saya pikir ini hal yang positif dan semoga bisa bermanfaat bagi masyarakat khususnya di Punan Batu Benau,”ucap Kilat.

Bahkan dia mendorong, selain fasilitas kesehatan, fasilitas pendukung lainnya juga menjadi pemerhati dari pemerintah daerah, seperti layanan pendidikan, ekonomi dan kesehatan itu sendiri. (tin/and)

Reporter: Martinus Nampur
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER