test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lapas Tarakan Razia dan Periksa Urine Warga Binaan, Ini Hasilnya

TARAKAN – Petugas Lapas Kelas IIA Tarakan melakukan razia di sejumlah kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Kamis (20/6/2024). Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Bidang Pelayanan Tahanaan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Basan Baran dan Keamanan Kemenkumham Kaltim, Arimin beserta jajaran didampingi Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, Tribowo diikuti petugas pengamanan dan staff.

Hasilnya, petugas mengamankan sejumlah barang milik WBP berupa beberapa peralatan elektronik catok rambut, kabel listrik, gunting pemotong kuku, dan senjata tajam rakitan. Namun nihil ditemukan narkoba atau obat-obatan terlarang maupun alat komunikasi handphone.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lapas Kelas IIA Tarakan, Tribowo menerangkan, penggeledahan atau razia kamar hunian salah satunya dilakukan pada area blok hunian wanita.

Kegiatan dimulai dengan pemeriksaan badan WBP, dilanjutkan dengan penyisiran seluruh sudut kamar guna memastikan tidak terdapat barang-barang terlarang di dalam kamar WBP, yang dapat berpotensi menjadi sebab gangguan kamtib.

Tribowo mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Divpas Kemenkumham Kaltim pada sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan.

“Pelaksanaan razia atau penggeledahan kamar hunian WBP merupakan bagian dari agenda Monev rekan-rekan dari Divpas di Lapas Kelas IIA Tarakan,” ucapnya dalam keterangan rilisnya yang diterima pada Jumat (21/6/2024) malam.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi dalam upaya mendukung program 3 Kunci Pemasyarakatan Maju di antaranya deteksi dini terhadap gangguan kamtib, berantas narkoba dan sinergitas antar Aparat Penegak Hukum+ 1 Back to Basic Pemasyarakatan.

Seusai pelaksanaan razia dan penggeledahan kamar hunian, Tim Divpas dan Lapas Tarakan melanjutkan dengan agenda pemeriksaan urine kepada 10 orang petugas dan perwakilan WBP yang dipilih secara acak.

Dari hasil pemeriksaan urine pegawai dan WBP, Tidak ditemukan adanya indikasi penggunaan narkoba maupun obat-obatan terlarang lainnya. Hal ini menjadi indikator dalam upaya Lapas Kelas IIA Tarakan dalam mendukung program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

“Kami mengucapkan terimakasih kepada tim Divpas Kaltim yang berkenan melaksanakan Monev dengan aman dan tertib. Kami senantiasa mengharapkan agar UPT Lapas Kelas IIA Tarakan dapat senantiasa menjaga kondusifitas dan situasi Kamtib yang prima, sehingga mampu menyelenggarakan fungsi pemasyarakatan secara maksimal,” pungkas Tribowo.

Pewarta: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER