test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ibadah di Madinah, Kondisi Jemaah Haji Kaltara Sehat Walafiat

TARAKAN – Sebanyak 320 jemaah haji asal Kaltara yang tergabung dalam kloter 7, dikabarkan dalam keadaan sehat wal afiat hingga hari keenam berada di Madinah, Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Ketua Jemaah Haji Kloter 7, Haji Mursal Noer Mustakim saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Rabu (29/5/2024).

Lebih jauh dijelaskannya, jemaah tertua di kloter 7 ini bernama Hamida berusia 85 tahun, kondisinya pun terpantau sehat.

“Karena kami selalu update. Tadi pagi saya mengikuti perjalanan beliau karena menggunakan kursi roda dan dorong sendiri oleh anaknya atau pendampingnya sendiri,” katanya.

Pihaknya juga rutin melakukan pengecekan kesehatan jemaah secara berkala, guna memastikan kesehatan seluruh jemaah baik-baik saja.

Saat ini jemaah haji sedang berada di Madinah dan melaksanakan sejumlah rangkaian ibadah di Masjid Nabawi. Sebelumnya, juga melaksanakan ziarah ke Masjid Quba dan Jabal Uhud.

“Alhamdulillah berjalan baik dan lancar. Kemarin juga sukses pelaksanaan ziarah ke Raudhah di Masjid Nabawi,” terangnya.

Madinah, lanjut dia, sedang mengalami cuaca panas. Jemaah haji, khususnya para warga lanjut usia, diimbau untuk menjaga kesehatan agar bisa menjalankan semua tahapan dan rangkaian haji dengan lancar.

Menurutnya cuaca panas di Madinah sekitar 37 hingga 40 Derajat Celsius saat siang hari.

Pihaknya pun telah mengingatkan jemaah untuk selalu minum air putih. “Haus tidak haus harus minum. Lapar tidak lapar harus makan,” lanjutnya.

Melalui cara itu, menurutnya, jemaah dapat meminimalisir dampak dari cuaca panas. Kemudian, jemaah diminta untuk istirahat yang cukup agar imunitas tetap terjaga, kemudian menjaga pola hidup sehat dan bersih.

“Terakhir gunakan payung ketika panas dan membasahi wajah dengan handuk basah dan semprotan air,” katanya.

Di kesempatan ini, dia juga meminta doa dari seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Kaltara, untuk mendoakan jemaah agar sehat dan bisa kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat.

Pewarta: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER