spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Good Governance Dipertahankan, Berantas KKN

TANJUNG SELOR – Kapolda Kaltara, Irjen Pol. Daniel Adityajaya, S.H, S.I.K, M.Si, membuka Taklimat Awal Audit Kinerja Inspektorat Pengawasan Daerah (itwasda) Polda Kaltara tahap I tahun 2024, Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian, Senin (22/04/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh Irwasda Polda Kaltara Kombes Pol. Drs. Andria Martinus, M.H, Pejabat Utama Polda Kaltara, Kapolres dan Kapolresta Jajaran Polda Kaltara.

Dalam rangka mewujudkan good governance, khususnya pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme, maka kinerja atas penyelenggaraan organisasi pemerintahan menjadi perhatian untuk dibenahi, salah satunya melalui sistem pengawasan yang efektif, dengan meningkatkan peran dan fungsi dari Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Tujuan Audit Kinerja maupun audit dengan tujuan tertentu yang dilaksanakan oleh Itwasda bertujuan untuk memberikan nilai tambah bagi organisasi berupa mengidentifikasi dan mengukur risiko yang signifikan dalam pencapaian tujuan organisasi.

Serta mengelola dengan tepat atas risiko signifikan pada organisasi, manajemen organisasi dapat merespon setiap risiko dengan tepat sesuai kapasitas organisasi.

“Saya mengharapkan kerjasama yang baik antara auditor atau perwira, pemeriksa dengan seluruh auditi, sehingga tujuan pelaksanaan audit dapat tercapai” ujar Irwasda Polda Kaltara.

Baca Juga:   Cegah Paham Radikalisme, Polda Kaltara Gelar Kegiatan Deradikalisasi

Kemudian dalam sambutannya, Kapolda Kaltara menyampaikan bahwa fungsi pengawasan merupakan suatu proses yang sistemik dalam menerapkan standar atau ukuran kinerja, dalam rangka pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang diharapkan sesuai dengan standar kinerja yang telah ditetapkan.

“Kegiatan audit kinerja dapat dijadikan sebagai sarana untuk berkonsultasi, sehingga pelaksanaan program kerja anggaran tahun 2024 dapat berjalan dengan baik dan lancar serta dapat dipertanggung jawabkan secara akuntabel dan tertib administrasi,”terangnya.

Kapolda Kaltara berharap, kepada para auditor agar bisa menjadi tauladan yang baik dalam memberikan dan juga tentunya berperilaku bertutur kata serta bertanggung jawab dan bisa bekerja sama dalam melaksanakan tugas serta menjadi konsultan yang dapat memberikan solusi atas berbagai permasalahan dalam pencapaian tujuan pekerjaan Polri.

Kapolda mengajak untuk bekerjasama dengan dalam rangka kelancaran dan kesuksesan kegiatan audit kinerja, serta melakukan suatu keterbukaan dalam menyampaikan data sesuai dengan fakta yang ada.

“Harapan tercapainya tujuan organisasi Polri khususnya Polda Kaltara demi terwujudnya penetapan tata kelola manajemen resiko dan pengendalian internal yang lebih optimal,” pungkasnya. (adv/tin/and)

Baca Juga:   Personel Ops Ketupat Kayan 2024 Gelar Pengamanan Arus Balik di Terminal Damri

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER