spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Kaltara Dorong Pemerintah untuk Bangun SMAN Lumbis Hulu

TANJUNG SELOR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltara, memandang pentingnya dibangunkan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Lumbis Hulu, Kabupaten Nunukan.

Hal itu, diungkapkan oleh anggota DPRD Kaltara, daerah pemilihan Nunukan, Anto Bolokot. “Usulan ini juga didapatkan dari hasil reses saya beberapa waktu lalu, bahwa warga setempat menginginkan SMA itu perlu didirikan di Lumbis Hulu,”ujar Anto, kepada wartawan Minggu (22/10/2023).

Anto mengatakan, Lumbis Hulu merupakan kecamatan yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga Malaysia, tetapi wilayah ini belum memiliki satuan pendidikan setingkat SMA sederajat.

“Padahal Negara kita ini sudah merdeka hampir sudah puluhan tahun lamanya, sekolah SMA sampai saat ini belum berdiri di Lumbis Hulu,” jelasnya.

Dia katakan, sudah saatnya ada perlakuan khusus bagi Lumbis Hulu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dari keterpenuhan aspek pendidikan.

Bahkan kata Anto, dia telah menerima dokumen permohonan penerbitan Surat Izin Operasional untuk SMAN 1 Lumbis Hulu dari Kepala Adat Besar Dayak Tahol Provinsi Kaltara. Dokumen tersebut diminta untuk diperjuangkan ke tingkat eksekutif dan legislatif di Kaltara.

Baca Juga:   Penetapan UMP Kaltara Dinilai Tidak Adil

“Kita akan memperjuangkan apa yang menjadi usulan dari masyarakat,” jelasnya.

Dia berharap, ijin operasional SMA segera diupayakan, sehingga bisa segera terlaksana di tahun ajaran 2024-2025. Untuk diketahui, aspirasi masyarakat perihal pendirian SMA Negeri di Lumbis Hulu sudah dibahas dalam Rapat Lintas Komisi dan Badan Anggaran DPRD Kaltara.

“Dari Dewan telah memberikan lampu hijau mengenai usulan untuk pembangunan SMAN 1 Lumbis Hulu,” tuturnya.

Bahkan, dokumen usulan pendirian SMAN tersebut telah diserahkan kepada Wakil Gubernur Kaltara, Yansen Tipa Padan. “Kita berharap pemerintah segera menindaklanjuti apa yang menjadi usulan dewan, karena ini berbicara kemaslahatan orang banyak,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara, Teguh Henri Sutanto, menjelaskan mengenai usulan soal rencana pembangunan SMAN 1 Lumbis Hulu, belum ada hingga sekarang.

“Mengenai usulan itu, belum ada sampai saat ini. Masih dipusatkan di Lombis Ogong. Yang dibangun tahun ini, berupa SMK Negeri. Dan sudah dimulai pembangunan gedungnya,” ungkap Teguh.

Rencananya, ketika bangunnan sekolah itu selesai, akan mengakomodir pelajar dari wilayah Lumbis ulu, Lumbis Pasiangan dan lbus ogong.

Baca Juga:   DPRD Kaltara Dukung Penggabungan Berau Ke Kaltara

“Tahun ini, bangunan fisik sekolah tersebut sudah dihangun. Tahun ajaran 2024, sekitar bulan Juli sudah buka kelas baru,” tutupnya. (tin/and)

 

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER