spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Danlantamal XIII Lepas Tim Ekspedisi Maritim 2023 Menuju IKN

TARAKAN – Komandan Pangkalan Utama TNI-Angkatan Laut (Danlantamal) XIII Tarakan, Laksamana Pertama TNI Deni Herman melepas tim Ekspedisi Maritim 2023 menuju Ibu Kota Negara (IKN) di halaman gedung Islamic Center Kota Tarakan, Rabu (6/9/2023).

Laksamana Pertama TNI Deni Herman mengatakan, tim Ekspedisi Maritim 2023 ini terdiri dari dua, yakni Tim Merah yang berangkat dari Tarakan. Kemudian Tim Putih yang berangkat dari Pontianak.

“Dari Pontianak 300-an orang berangkat dan di Tarakan hampir 250 orang.  Tim Putih berangkat dari Pontianak. Mereka sudah bergerak menuju Balikpapan dengan rute Pontianak, lanjut Ketapang, Singkawang, Kumai Banjarmasin dan nanti bertemu bersama Tim Merah di Balikpapan. Sedangkan rute dari Tim Merah Tarakan nanti menyeberang ke Tanjung Selor, Berau Sangatta, kemudian ke Balikpapan. Kita bertemu semuanya nanti di Balikpapan,” ungkap Danlantamal XIII.

Jenderal bintang satu ini mengungkap secara filosofis, ekspedisi berarti membawa sesuatu yang berharga dalam suatu perjalanan. Selain itu, ekpedisi ini berkaitan dengan pelaksanaan tugas TNI dalam rangka menjaga wilayah pertahanan. Kemudian yang terpenting, menurutnya, ekpedisi ini merupakan komitmen mendukung kegiatan pemerintah yang sudah dicanangkan yakni menjadikan Indonesia sebagai force maritim.

Baca Juga:   Tarakan Bakal Dapat Dana Intensif Daerah Usai Berhasil Kendalikan Inflasi

“Ini merupakan pesan yang mulia yang akan disamapaikan tim ekspedisi sepanjang perjalanan kemudian kegiatan selain mencari sesuatu terkait kejayaan maritim di Kalimantan. Nanti dua tim merah dan putih bertemu di Balikpapan dan paling penting mendukung kebijakan pemerintah dalam rangka pembangunan IKN. Sehingga diselesaikan semua kegiatan ini di Balikpapan khususnya rencana pemindahan IKN sebagai komitmen kita bahwa di TNi mendukung kebijakan pemerintah,” ucapnya.

Kegiatan ekspedisi maritim, kata dia, juga akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan. Seperti melaksanakan  Komunikasi Sosial (Komsos), kemudian Bakti Sosial (Baksos) selanjutnya sosialissi tentang alat tangkap yang bekerjasama dengan Dirjen PSDKP dan terakhir panggung hiburan.

“Kegiatan ini sekaligus membangun hubungan dengan masyarakat yang disinggahi sehingga  bisa menyadari pentingnya sejarah nilai filosofis yang diambil. Terima kasih kepada seluruh masyarakat  dan komunitas kendaraan roda empat dan dua berkenan hadir,” tutupnya. (apc/and)

Baca Juga:   Meriah! Ribuan Orang Ramaikan Pawai Budaya Festival Iraw Tengkayu XII di Tarakan

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

BERITA POPULER