spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Syarwani: Perluas Kawasan Pertanian lewat Peningkatan Jalan Usaha Tani

TANJUNG SELOR – Perluasan kawasan pangan, untuk menjadikan Kabupaten Bulungan sebagai lumbung pangan pertanian terus ditingkatkan.

Kawasan pertanian padi yang sudah eksisting di Kabupaten Bulungan, seperti di Desa Sajau Hilir Kecamatan Tanjung Palas Timur dan Kecamatan Tanjung Palas Utara.

Bupati Bulungan, Syarwani menjelaskan, pada tahun 2023 Pemkab Bulungan akan menambah program perluasan kawasan pertanian, dengan lebih dahulu membuka jalan pertanian.

“Cuma memang yang menjadi kendala pemerintah daerah saat ini pada proses hilirisasi. Aspek yang berkaitan dengan pengolahan pasca panen,” ucap Syarwani kepada wartawan, Rabu (13/9/2023).

Disamping itu, saat proses pengolahan hasil pertanian seperti padi, ada beberapa kendala yang ditemukan seperti pada drayer atau mesin pengeringan untuk produk pertanian.

“Kita sangat menyadari berkaitan dengan drayer yang dimiliki oleh pemerintah daerah, seperti di Sajau Hilir maupun di Tanjung Palas Utara, jumlahnya masih sangat terbatas dalam menampung dan mengelola ketika gabah basah itu harus dikeringkan,” tuturnya.

Demikian juga dengan resminingnya, belum lagi ketika berbicara tentang packingnya. Ini harus berjalan, artinya bukan hanya konsen pemerintah berkaitan dengan masalah hulunya, tapi disisi lain hilirisasi pasca panen juga menjadi kondisi yang harus dibenahi sampai hari ini.

Baca Juga:   Miris, Mayat Bayi Ditemukan Mengapung di Sungai Buaya

Pemkab Bulungan sangat menyadari, masih ada kelemahan, dan kekurangan yang harus perlu diperbaiki. Adapun, untuk sebaran wilayah ketahanan pangan di Bulungan, kata Syarwani itu tersebar diseluruh Kecamatan yang ada di Bulungan.

“Tapi yang sudah eksisting dan produktif hari ini ada di dua Kecamatan tadi, Tanjung Palas Timur dan Utara,” imbuhnya.

Di Sajau Hilir lahan pertanian pengembangan padi yang sudah eksisting mencapai 300 hektare. “Tahun ini kita masuk dalam program perluasan jalan usaha tani. Supaya nanti akses untuk eksistenfikasi perluasan kawasan pertanian yang ada di setiap Kecamatan itu bisa terbuka lebar dan memudahkan akses petani,” bebernya.

Tidak menutup kemungkinan, pemerintah akan terus memperluas kahan kawasan pertanian, misalnya di Sajau Hilir dimungkinkan untuk ditingkatkan menjadi 400 hektare atau lebih. Demikian juga dengan kecamatan lain di Kabupaten Bulungan. (tin/and)

Reporter: Martinus Nampur
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER