test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Sri Juniarsih Serahkan 60 Sertifikat PTSL untuk Masyarakat Kelurahan Sambaliung

TANJUNG REDEB – Bupati Berau, Sri Juniarsih kembali menyerahkan Sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di lingkup Kelurahan Sambaliung Kecamatan Sambaliung, yang sebelumnya di lakukan di Kecamatan Gunung Tabur, Kampung Maluang.

Penyerahan sertifikat tersebut dilakukan di Kantor Kelurahan Sambaliung, Kecamatan Sambaliung, Kamis (30/5/2024).

Sebanyak 60 sertifikat lahan telah diserahkan kepada masyarakat lingkup Kelurahan Sambaliung, serta sebanyak 2.030 sertifikat akan diberikan secara bertahap.

Kegiatan serah terima sertifikat ini merupakan program strategis nasional, dan ditargetkan pada tahun 2025, seluruh bidang tanah di Indonesia sudah harus bersertifikat.

Selain itu, program ini merupakan turunan dari Undang-Undang Pokok-Pokok Agraria, yang ditindaklanjuti dengan Inpres Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Percepatan Pendaftaran PTSL di seluruh wilayah Indonesia, yang ditujukan kepada 14 pejabat, salah satunya kepada bupati atau walikota.

“Dengan adanya sertifikat ini dapat memperkuat legalitas lahan masyarakat agar tidak menimbulkan sengketa lahan dikemudian hari,” ucapnya.

Untuk itu, ia mengharapkan dukungan dari Badan Pertanahan Kabupaten Berau agar seluruh lahan yang ada di Kabupaten Berau dapat bersertifikat, terpetakan dan mendapatkan kepastian secara hukum.

Terlebih, saat ini Pemkab Berau memiliki program pembangunan rumah layak huni yang ditujukan kepada masyarakat Bumi Batiwakkal yang menempati rumah namun tidak layak huni di atas lahan yang telah bersertifikat.

Program ini sejalan dengan program kerja yang telah dilaksanakan oleh BPN. Selain itu, Sri Juniarsih mendorong melalui Dinas Pertanahan, kecamatan, kelurahan dan seluruh perangkat terkait untum terus berkoordinasi dengan BPN agar seluruh urusan yang berkaitan dengan pertanahan dapat berjalan sesuai regulasi yang ada.

“Tentu kita berharap lahan yang belum memiliki sertifikat dapat bersertifikat diprogram selanjutnya,” tandasnya.

Sementara itu, Lurah Sambaliung, Iskandar Zulkarnain menyampaikan alhamdulillah hari ini telah diserahkan secara simbolis sebanyak 60 sertifikat oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih kepada masyarakat Kelurahan Sambaliung.

Dikatakannya, BPN Berau saat ini sedang memproses sebanyak 2030 berkas sertifikat yang akan dibagikan untuk masyarakat Kelurahan Sambaliung. Untuk ditahap pertama, sebanyak 300 sertifikat yang akan dibagikan setiap hari.

“Insya allah akan dilakukan setiap hari. Paling lambat pada bulan Agustus 2024 sudah didistribusikan kepada masyarakat Kelurahan Sambaliung,” ucapnya.

Dirinya menyampaikan dengan adanya program ini membantu masyarakat Kelurahan Sambaliung yang selama ini kesulitan untuk mengurus sertifikat tanah milik mereka.

“Adanya program ini dapat menghilangkan kesulitan masyarakat karena sekarang lebih mudah mendapatkan sertifikasi tanah mereka,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER