asd
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bawaslu Tarakan Buka Posko Hak Pilih, Ini Segudang Layanannya

TARAKAN – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tarakan membuka Posko Kawal Hak Pilih dalam rangka mengawal secara ketat pelaksanaan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih jelang Pilkada Serentak Tahun 2024.

Posko ini berada di Kantor Bawaslu Tarakan, Jalan Pulau Sumatera No 574 Kelurahan Pamusian Tarakan Tengah.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Tarakan Andi Muhammad Syaifullah menerangkan, ada beberapa layanan yang tersedia dalam posko ini, diantaranya masyarakat dapat mengecek dan menyapaikan kendala dalam proses penetapan status hak pilih pada Pilkada 2024.

Selain menjadi tempat pengaduan, posko ini menjadi tempat konsultasi dan pusat informasi bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan terkait dengan hak pilihnya.

Kemudian melayani warga yang belum terdaftar sebagai pemilih, penyediaan informasi mengenai prosedur pemilihan, penanganan aduan terkait dengan potensi pelanggaran pemilihan di tahap pemutakhiran data pemilih, serta sebagai edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya partisipasi aktif dalam pemilihan.

Selain membuka posko, nantinya seluruh anggota akan terjun langsung ke lapangan untuk memantau Coklit pada tahapan Pilkada tahun 2024.

“Ada beberapa anggota nanti yang standby selebihnya ke luar untuk memantau langsung ke lapangan,” kata Saifullah, Jumat (28/6/2024).

Di kesempatan ini, dia juga menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Tarakan untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih. Posko ini nantinya buka selama jam kerja

“Kita buka Posko Kawal Hak Pilih selama jam kerja dari hari Senin hingga jum’at mulai pukul 8 pagi sampai jam 4 sore untuk menyampaikan aduannya kaitan Pilkada,” ucap Saifullah.

“Jika masyarakat mengetahui dugaan pelanggaran pada tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih, masyarakat dapat melaporkannya di Posko Kawal Hak Pilih yang ada di kantor Bawaslu maupun di masing-masing kecamatan,” harapnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER