test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Assessment Nasional Tingkat SD Tolak Ukur Kemampuan Siswa

TANA TIDUNG – Bupati KTT Ibrahim Ali, didampingi Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pendidikan, Irdiansyah gelar monitoring pelaksanaan asessment Nasional Tingkat Sekolah Dasar (SD), bertempat  di SDN 013 Tana Tidung, Senin (23/10/2023) kemarin.

Disela monitoring tersebut, Ibrahim Ali menerangkan, assessment nasional merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

“Informasi tersebut, diperoleh dari tiga instrumen utama. Berupa, assessment kompetensi minimum (AKM), survei karakter,  serta survei lingkungan belajar,” ungkapnya.

Dengan menggunakan metode pelaksanaan berbasis komputer, daring atau semi daring. Disamping itu, assessment nasional juga bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama sekolah.

“Berupa pengembangan kompetensi dan karakter murid,” jelasnya.

Ibrahim berharap, dari hasil assessment tersebut dapat mendorong sekolah serta Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran. Utamanya, dalam hal peningkatan mutu pendidikan berkualitas di Kabupaten Tana Tidung.

Disisi lain, monitoring yang dilakukan bertujuan untuk memantau dan memberikan informasi berkaitan dengan pelaksanaan assesment Nasional. Diharapkan, dalam pelaksanaan assesment tetap berlandaskan pada Standar Operasional Prosedur (SOP) serta petunjuk teknis (juknis) yang telah ditetapkan.

Diterangkan, Ibrahim Assesment Nasional tingkat SD. Tidak hanya bertujuan untuk memotret pencapaian belajar kognitif peserta didik, tetapi juga dapat melihat hasil belajar secara emosional peserta didik.

“Termasuk dengan sikap, nilai dan juga keyakinan, serta perilaku sehingga dapat diprediksi soal perilaku peserta didik,” tutupnya. (tin/and)

Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER