spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Apresiasi Pembukaan PKL Banua Basinang

TANJUNG REDEB – Ketua DPRD Berau, Madri Pani mengapresiasi pembukaan PKL Banua Basinang yang baru dibuka di tepian Kecamatan Gunung Tabur baru-baru ini.

Dirinya mendorong Pemkab Berau bisa terus memberikan dukungan dan pendampingan bagi para PKL di sana.

“Ini juga bagian dari upaya mendongkrak ekonomi masyarakat dan juga destinasi pariwisata yang ada di sana,” ungkap Madri.

Lanjutnya, di lain sisi dengan adanya usaha tersebut juga bisa mendongkrak produk lokal dan kearifan lokal masyarakat semakin terkenal dan dapat menarik perhatian para pengunjung.

“Pastinya akan ada timbul Multi efek bagi masyarakat, khususnya seperti meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar,” tuturnya.

Kendati demikian, Madri mendorong Pemkab Berau terus memberikan perhatiannya untuk para PKL dan UMKM di segala aspek, seperti permodalan, pengemasan dan lainnya.

“Pemerintahan daerah mungkin bisa mengarahkan terkait permodalan ke perbankan melalui kredit KUR atau sejenisnya. Fasilitasi lah, agar bisa membantu masyarakat kita,” bebernya.

Selain itu, Pemkab Berau melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus mampu membaca mana produk-produk yang berasal dari kampung yang berpotensi dan kesulitan dalam memperoleh izin edar, legalitas dan sebagainya terhadap para PKL dan UMKM yang kesulitan melakukan kepengurusannya.

Baca Juga:   Harap Masyarakat di Sekitar Perkebunan Dapat Diakomodir

“Termasuk membantu pengemasan juga menjadi hal yang penting bagi produk hasil masyarakat. Paling tidak ada ciri khas produk dari setiap kampung yang ada,” tegasnya.

Madri berharap, PKL dan UMKM di Kabupaten Berau bisa terus tumbuh beriringan dengan peningkatan perekonomian masyarakat. Ini tidak lepas dari kewajiban pemerintah daerah yang terus juga memberikan perhatian.

“Tentunya dengan dukungan dan pendampingan yang diberikan, masyarakat akan mampu berinovasi dan berkreasi dengan hasil olahan produknya,” tandasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER