spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Khairul: Pekan Kebudayaan Daerah jadi Bukti Harmonisnya Kehidupan Masyarakat Tarakan

TARAKAN –  Malam Pembukaan Kebudayaan Daerah 2023 resmi dibuka oleh Wali Kota Tarakan, Khairul pada Minggu (1/10/2023) malam, di Stadion Datu Adil. Orang nomor satu di Kota Tarakan itu mengatakan, Pekan Kebudayaan Daerah menjadi bukti harmonisnya kehidupan masyarakat.

“Festival kebudayaan daerah membuktikan bahwa di Kota Tarakan ini, dengan budaya yang begitu majemuk itu bisa hidup rukun dan damai,” ucap Wali Kota Tarakan, Khairul saat membacakan sambutannya, Minggu (1/10/2023) malam.

Kata Khairul, Pekan Kebudayaan Daerah menjadi ajang saling mengenal budaya antar daerah. Melalui cara itu, kehidupan masyarakat Tarakan yang sudah harmonis dapat semakin rukun dan damai. Menurutnya, kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Sekaligus mempertahankan budaya lokal dan budaya lainnya yang dari waktu ke waktu mulai tergerus.

Dia mengatakan, Pekan Kebudayaan Daerah merupakan rangkaian kegiatan pada Festival Iraw Tengkayu XII. Pekan Kebudayaan Daerah berlangsung mulai 1 hingga 6 Oktober 2023.

“Tanggal 7 Oktober ada pawai kebudayaan yang diikut berbagai elemen masyarakat. Tanggal 8 Oktober atau setelah pawai ada prosesi Pelarungan Padau Tuju Dulung ke Pantai Amal. Itu merupakan puncaknya yang dikenal dengan Festival Iraw,” lanjutnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Tarakan sekaligus Ketua Panitia, H.A. Hamid Amren menjelaskan, tujuan kegiatan ini membuka ruang interaksi antar budaya. Sekaligus mempererat toleransi, saling mengenal dan memahami keberagamaan kekayaan budaya Indonesia.

Pekan Kebudayaan Daerah, kata dia, diisi dengan berbagai kegiatan seperti pergelaran seni budaya, pameran dan bazar kuliner tradisional dan kompetensi olahraga tradisional berkolaborasi dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Kormi) Tarakan. Adapun olahraga tradisional meliputi Panahan, Tarik Tambang, Hadang, Layang-layang hias, Gasing,egrang dan Domino.

“Partisipan kegiatan diikuti masyarakat Kota Tarakan yang tergabung dalam 21 Paguyuban. Untuk permainan dan olahraga tradisional ada 7.Anggaran bersumber dari apbd kota Tarakan 2023,” tutupnya. (apc/and)

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER