spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Tren Posisi, Realisasi APBDes Batuah Tembus 98 Persen

TENGGARONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah, secara resmi telah menyerahkan penyampaian laporan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Serta menyerahkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD), kepada Badan Pemusyarawatan Desa (BPD), pada Rabu (27/3/2024) pekan lalu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid. Bahkan saat penyerahan, dihadiri langsung oleh Kasi DPMD Kecamatan Loa Janan Bun Yamin, kepala desa, BPD dan pendamping desa.

Abd Rasyid mengatakan bahwa laporan realisasi APBDes dan penyerahan LPPD ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh pihaknya. Sebaik bentuk penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa,” jelas Rasyid.

Dalam pelaksanaannya, Pemdes Batuah berhasil merealisasikan pelaksanaan APBDes Batuah 2023 sebesar 98 persen. Dimana realisasinya dialokasikan untuk berbagai jenis kegiatan. Seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pembinaan kemasyarakatan.

“Kenapa ada Silpa karena memang ada tambahan kegiatan dari BKDD Kabupaten yang diberikan sebagai hadiah lomba inovasi desa dan sedikit menyisahkan sisa. Namun secara persentase, tentu masuk diangka yang wajar. Namanya reasliasi pasti ada silpa, namun secara serapan anggaran sudah mendekati 100 persen,” ungkapnya.

Baca Juga:   Pemkab Kukar Menarget Partisipasi Pemilih Pilkada 2024 Meningkat

Sementara itu, Kasi DPMD Kecamatan Loa Janan, Bun Yamin, mengatakan bahwa kinerja Desa Batuah harus diapreasi, meski secara waktu hampir terlambat. Dengan catatan menduduki urutan ketiga dibanding desa lainnya. Meski begitu Kecamatan Loa Janan, pun memberikan apresiasi atas capaian realisasi APBDes 2023 yang dilaksanakan oleh Desa Batuah.

“Kami berharap agar Desa Batuah terus meningkatkan pengelolaan keuangan desa dan penyelenggaraan pemerintahan desa yang transparan dan akuntabel,” tutupnya. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER