asd
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sepanjang Tahun 2023, Kunjungan Wisatawan Asing ke Kaltara Menurun

TANJUNG SELOR – Pada Juni 2023 sebanyak 1.899 wisatawan mancanegara berkunjung ke Kalimantan Utara melalui pintu keimigrasian Kabupaten Nunukan.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltara, Mas’ud Rifai menuturkan, jumlah kunjungan pada Juni tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Pintu keimigrasian yang dimaksud itu non udara, penurunan kunjungan juga tidak signifikan,” ungkapnya, Minggu (6/8/2023).

Dia mengatakan, tidak ada kunjungan dari wisatawan asal luar negeri yang masuk melalui Kota Tarakan pada Juni 2023.

“Secara keseluruhan, jumlah kunjungan wisatawan asing melalui Kota Tarakan lewat udara dan Kabupaten Nunukan pada terdapat sebanyak 1.899 kunjungan atau terjadi penurunan sebanyak 0,73 persen,” bebernya.

Secara akumulatif, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Kaltara melalui pintu keimigrasian pada periode Januari-Juni 2023 mencapai 11.227 kunjungan.

Dirinya memaparkan, jika merujuk pada Pintu Lintas Batas (PLB) yang tidak tercatat di pintu keimigrasian masih banyak. Maka dari itu, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Telkomsel guna melakukan penghitungan dengan menggunakan metode Mobile Position Data (MPD).

“Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya menghitung jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke wilayah Kalimantan Utara,” ujar Mas’ud Rifai.

“Berdasarkan MPD, jumlah kunjungan wisatawan asing sebanyak 39.517 kunjungan atau terjadi penurunan sebesar 47,93 persen dibandingkan bulan sebelumnya,” tambahnya.

Meski begitu, secara akumulatif jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Kaltara pada periode Januari-Juni 2023 sebanyak 272.611 kunjungan.

“Jika melihat angka tersebut terjadi peningkatan sebesar 1,27 persen dibandingkan periode yang sama Tahun 2022 yang tercatat sebanyak 269.197 kunjungan,” tandasnya. (dez)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER