spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sapras Pendukung Pengairan Jadi Harapan Petani di Kukar

TENGGARONG – Ketersediaan air, menjadi hal penting yang disampaikan oleh kelompok tani (poktan) di Desa Buana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, pada panen raya, Sabtu (2/3/2024) lalu. Bersama Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Kasrem 091/ASN Kolonel Priyanto Eko Widodo, Dandim 0906/Kukar Letkol (Czi) Damai Adi Setiawan.

“Mereka (Poktan Desa Buana Jaya) menaruh harapan untuk bisa paling pertama terkait ketersediaan air. Sumber air ada, saluran air ada, tinggal normalisasi dan perbaikan beberapa pintu air saja,” ungkap Sunggono.

Terkait ketersediaan pupuk, Sunggono menyebut hal tersebut tidak menjadi kendala saat disampaikan oleh Poktan Desa Buana Jaya. Terlebih adanya pembangunan pabrik pupuk yang kini sedang dibangun di Kota Bontang. Sehingga dirasa mampu menunjang dan memenuhi kebutuhan pupuk bagi petani di Kaltim, khususnya di Kukar.

“Insya Allah menunjang kebutuhan pupuk di Kaltim bahkan di Indonesia, karena bahan baku untuk pupuk di situ,” lanjut Sunggono.

Menanggapi ada lonjakan harga beras yang terjadi dalam beberapa waktu terakhir, Sunggono pun angkat bicara. Kenaikan disebutnya memang kerap terjadi menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN). Seperti jelang Bulan Suci Ramadan, perayaan Idulfitri, perayaan Iduladha, bahkan perayaan Natal.

Baca Juga:   Desa Wisata Pela Diserbu Ribuan Wisatawan Saat Libur Lebaran

“Kalau menurut saya kenaikan harga pokok selalu terjadi di saat ini di HBKN, kalau hari ini yang penting stok nya ada,” tutup Sunggono. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER