test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ratusan Peserta Meriahkan MTQ ke-9 di KTT

TANA TIDUNG – Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT) dengan resmi serta sukses perhelatan pembukaan MTQ ke-9 tingkat Provinsi Kaltara.

Ketua Panita MTQ ke-9, H. Idham Noor mengatakan selain memeriahkan MTQ ke-9, Kabupaten Tana Tidung juga ditunjuk sebagai tuan rumah MTQ IV Mualaf tingkat Kaltara, yang dilaksanakan secara bersamaan.

Dia melanjutkan, sebanyak 449 kafilah meramaikan even perdana di Kabupaten Tana Tidung. Dengan rincian sebagai berikut, dari Kabupaten Bulungan 94 utusan, dari kota Tarakan 85, Kabupaten Nunukan 103, dan Kabupaten Malinau 82 serta tuan rumah KTT mengirimkan 85 wakil di MTQ provinsi Kaltara ini.

“Dengan dewan hakimnya sebanyak 60 orang,” ujarnya, disela sambutan, Senin (10/6/2024) malam.

Sehingga secara akumulasi, sebanyak 509 orang. Sementara MTQ Mualaf Kaltara diikuti 125 orang. Lokasi perlombaan ini, pemerintah daerah menyiapkan lima lokasi, diantaranya arena RTH Joesoef Abdullah, Pendopo Djaparuddin, Aula Bankaltimtara, Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Masjid Agung At-Taqwa Tideng Pale.

Tujuan dari MTQ, lanjut dia, untuk mempersiapkan kafilah Kaltara mengikuti MTQ tingkat nasional yang digelar di Kaltim pada bulan Juli mendatang. MYQ ke-9 Kaltara mengusung tema, “Mengukir Prestasi Dalam Bingkai Persatuan Menuju Kaltara yang Bermartabat Maju dan Sejahtera”.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang disela penyampainya berpesan kepada dewan hakim supaya berkerja secara profesional sehingga dapat menghasilkan kafilah yang benar benar layak mewakili Kaltara dan bisa bersaing di tingkat nasional hingga tingkat Internasional.

“Saya yakin kafilah yang kirim ini merupakan kafilah terbaik dari kabupaten dan kota di Kaltara, karena telah melewati seleksi yang ketat,” ucap Gubernur.

Sehingga orang nomor satu di Kaltara ini yakin semua yang bertanding ini memiliki kualitas, jadi percayakan kepada dewan hakim yang telah ditunjuk dan mengambil sumpah agar berkerja secara profesional. (adv/tin/and)

Reporter: Martinus Nampur
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER