test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Program Demplot Sasar Warga SP 7

TANJUNG SELOR – Kabupaten Bulungan memiliki potensi lahan yang begitu luas, untuk dimanfaatkan sebagai pengolahan lumbung pertanian dan holtikultura.

Bupati Bulungan Syarwani mengajak masyarakat Kabupaten Bulungan, untuk kiranya dapat memanfaatkan potensi tersebut. Salah satunya melalui program Demontrasi Plot (Demplot).

Hal itu disampaikan Syarwani, di saat rangkaian tanam dan panen cabai di Satuan Permukiman (SP) 7 Desa Salimbatu, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kamis (20/6/2024) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Syarwani menyampaikan apresiasi atas kegiatan dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang bersinergi bersama pemerintah daerah.

“Kegiatan ini merupakan sinergitas antara Bank Indonesia (BI) perwakilan Kaltara dengan pemerintah daerah. Kita selaku pemerintah daerah menyambut baik adanya kegiatan ini,” ucap Syarwani.

Penanaman cabai tersebut, merupakan salah satu bagian daripada program Demontrasi Plot (Demplot) komoditas cabai dengan teknologi Produksi Lipat Ganda (Proliga) di wilayah SP 7 Salimbatu.

Diketahui, program dari BI tersebut sebagai upaya pengendalian inflasi daerah dan dukungan terhadap program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan. Kemudian juga menjadi bagian dari Gerakan Nasional Pengendalian Pangan (GNPIP) yang bertujuan mendukung kebijakan pemerintah guna menjaga ketersediaan pasokan pangan.

Termasuk yang berkaitan dengan keterjangkauan harga pangan, daya beli masyarakat serta kelancaran distribusi dan stabilitas perekonomian daerah.

Diungkapkan Syarwani, kegiatan ini selain menambah pendapatan petani dan menjaga ketahanan pangan, tanam cabai diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena cabai diketahui sebagai komoditas konsumsi sehari-hari.(*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER