spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PON 2024, KONI Kaltara Targetkan 6 Medali Emas

TARAKAN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) menargetkan minimal 6 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh-Sumatera Utara (Sumut).

Hal itu disampaikan Ketua KONI Provinsi Kaltara H. Muhammad Nasir kepada awak media, Sabtu (11/5/2024).

“Mudah-mudahan lebih dari target kita. Harapan kita seperti itu,” katanya.

Nasir menuturkan, ada beberapa cabang olahraga (cabor) yang ditargetkan meraih medali emas. Di antaranya menembak, taekwondo, selam, layar dan lain sebagainya.

Untuk tahun 2024 ini, KONI Kaltara menerima anggaran sebesar Rp 34 miliar.

“Lebih dari Rp 34 miliar. Tapi saya tidak tahu pasti nominalnya yang jelas Rp 34,8 miliar kurang lebih segitu,” ungkapnya.

Anggaran ini diperuntukkan untuk persiapan atlet menuju PON. Selain itu, juga digunakan untuk membeli perlengkapan atlet seperti seragam tim termasuk memberangkatkan atlet dan official.

Angka sebesar Rp 34 miliar ini, kata dia, jauh lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya. Mengingat, cabor yang lolos jauh lebih banyak sekitar 28. Sedangkan pada tahun lalu hanya 12 cabor. Jumlah atlet yang akan berangkat pada PON nanti, kurang lebih sebanyak 95 orang.

Baca Juga:   Embung Maya Ditargetkan Beroperasi Tahun 2027

Untuk meraih target itu, menurutnya harus diimbangi dengan pemusatan latihan dan mengevaluasi persiapan kesehatan atlet dan tim, serta melakukan sejumlah penguatan dan mengukur kekuatan atlet. KONI Kaltara pun gencar melakukan pelatihan dan pembinaan atlet.

Untuk diketahui, PON Aceh-Sumut dijadwalkan akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Aceh, sedangkan penutupan akan dilakukan oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Medan, Sumatera Utara (Sumut).

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan berlangsung pada 8-20 September 2024. Selain di Banda Aceh, pertandingan juga akan digelar di kota dan kabupaten sekitar, tercatat 35 cabang olahraga akan dipertandingkan di Sumut dan 33 cabang lain di Aceh.

Penulis: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER