test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PKS Rekomendasi Khairul di Pilwali Tarakan 2024, Ini Alasannya

TARAKAN – Bakal Calon Wali Kota Tarakan, Khairul secara resmi menerima Surat Keputusan (SK) rekomendasi dukungan dari DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk maju di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Tarakan.

Penerimaan SK dukungan ini diserahkan secara langsung oleh Presiden DPP PKS, Akhmad Syaikhu.

“Alhamdulillah, hari ini Kamis, 23 Mei 2024 saya menerima SK dukungan menjadi Bakal Calon Wali Kota Tarakan dari Presiden PKS Ustadz Akhmad Syaikhu di Kantor Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS,” dikutip dalam unggahan laman instagram pribadi Khairul, @khairul_dr, Sabtu (25/5/2024).

Dalam keterangan tersebut, Khairul menyebut bahwa PKS menjadi partai kedua yang memberikan dukungan.

Dia pun mengucap terima kasih kepada seluruh jajaran pengurus mulai tingkat DPD, DPW, hingga DPP PKS.

“Ini adalah partai kedua yang telah menerbitkan surat dukungan kepada saya, untuk mengikuti kontestasi Pemilihan Wali Kota Tarakan tahun 2024. Terima kasih kepada jajaran pengurus Partai Keadilan Sejahtera mulai dari pengurus DPD Kota Tarakan, DPW Propinsi Kalimantan Utara, dan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat atas dukungan dan kepercayaan ini,” imbuhnya.

Mengonfirmasi keputusan DPP terkait dukungan terhadap Khairul, Ketua DPD PKS Tarakan, Darmanto membenarkan hal itu. Kata dia, setelah melalui mekanisme penjaringan calon kepala daerah secara berjenjang hingga ke pusat, figur Khairul dinilai paling serius mencalonkan diri melalui PKS.

“Paling tidak yang kita anggap serius untuk mencalonkan Wali Kota melalui PKS adalah Pak Khairul, dan itu sudah disampaikan ke DPP dan mendapatkan hasil rekomendasi dari PKS ya insyallah akan mendukung khairul sebagai Wali Kota lanjutan periode kedua,” beber Darmanto.

Darmanto belum dapat menjelaskan secara detail, apa isi surat rekomendasi dari DPP PKS itu. Kendati begitu, pihaknya akan segera melakukan penguatan internal menindaklanjuti SK rekomendasi terhadap Khairul tersebut.

“Selanjutnya mekanismenya itu kita ada tahap mungkin penguatan untuk bisa menjadi 100 persen mendukung dokter Khairul sebagai calon Wali Kota yang lanjutan periode keduanya,” kata Darmanto.

Disinggung terkait tawaran calon pendamping Khairul, dia menegaskan belum bisa membahas soal itu. Pembahasan terkait wakil, dipastikan akan diserahkan ke Khairul sembari menunggu proses pembentukan koalisi.

“Kami belum berbicara ke situ. Sepenuhnya kami serahkan ke Dokter Khairul secara pribadi. Karena mekanisme yang bisa kami terima itu terbatas untuk wali kota nya dulu. Kami belum bisa memberikan gambaran atau memberikan rekomendasi untuk sebagai nomor 2 seperti itu tapi ini masih berproses,” tegas Darmanto.

“Iya nanti kan secara bertahap berlangsung pembentukan partai-partai koalisi. Siapa-siapa sih sebenarnya nanti akan mendukung pak Khairul. Mungkin PKS atau partai-partai yang lain nanti kan akan berkembang dengan sendirinya,” lanjut Darmanto.

Darmanto juga mengungkapkan alasan, mengapa PKS memberikan dukungan terhadap Khairul. Selain faktor komunikasi yang intens, Khairul dinilai memiliki chemistry yang sama dengan PKS selama menjabat Wali kota Tarakan periode 2019-2024.

“Kalau dari PKS kami sudah sering komunikasi, kemudian kita tahu track record nya baik dan (pemerintahan) juga berkembang bagus. Kemudian memang kita menemukan chemistry, dalam arti kata, sejalan hatinya PKS dengan apa yang dilakukan Dokter Khairul dan sebagainya,” pungkasnya.

Pewarta: Ade Prasetia
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER