test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pengurus PKMB Masa Bakti 2023-2027 Dikukuhkan, Ingkong Ala Apresiasi Seni Caci Manggarai

TANJUNG SELOR – Pengurus Paguyuban Keluarga Manggarai Bulungan (PKMB), masa bakti 2023-2027 resmi dikukuhkan oleh Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, Sabtu (24/5/2024).

Dengan mengangkat tema. “Rame Raes, Rewo Beo” yang bermakna tentang persaudaraan keluarga Manggarai di Kabupaten Bulungan.

Pengukuhan ini dihadiri oleh pejabat penting Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), serta jajaran Pemkab Bulungan. Mewakili Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala menyampaikan beberapa pesan dalam acara pengukuhan PKM Bulungan.

Dalam penyampaiannya, Ingkong Ala menerangkan beberapa hal penting yang menjadi perhatian pengurus dan anggota PKMB periode 2023-2027, salah satunya mereka diminta untuk segera menyusun program serta kegiatan kerja yang selaras dengan kebutuhan masyarakat.

Pengukuhan itu dikemas dengan bermacam tarian dari beberapa etnis NTT, dari Manggarai sendiri selain tarian juga ditampilkan pentas seni berupa caci yang menjadi ciri khas Budaya Manggarai, NTT di Kaltara.

“Saya sangat apresiasi yang tinggi atas digelarnya pentas seni Caci Manggarai, semoga ini dapat mempererat budaya leluhur yang telah diwariskan turun temurun,” ucap Ingkong Ala, dalam sambutannya.

Dikatakan, kunci langgengnya eksistensi sebuah paguyuban atau komunitas terletak pada bagaimana ia dapat tetap relevan dengan kebutuhan anggotanya secara internal dan dengan kebutuhan lingkungan fisik sosial serta lingkup eksternal.

Hubungan eksternal ini dipandang sangat penting, sebab perlu disadari setiap paguyuban sesungguhnya merupakan elemen bangsa. Sebagai elemen bangsa kata Wabub memiliki kewajiban untuk terlibat serta dapat membawa kemaslahatan serta kemakmuran bagi masyarakat yang dicintai.(tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER