spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pendidikan Dinilai Penting, Program KTT Pintar Direalisasikan Bertahap

TANA TIDUNG – Sektor pendidikan merupakan hal penting yang terus digenjot Pemerintah Kabupaten Tana Tidung (KTT). Pemerintah terus berupaya merealisasikan visi dan program yang berkaitan dengan visi KTT Pintar.

Pasalnya, selain infrastruktur fokus pembangunan pemerintah daerah juga berurusan dengan kualitas serta mutu pada sektor pendidikan. “Indikator keberhasilan program ini, diukur dari Indeks pendidikan. Capaian kita pada tahun 2022 meningkat sebesar 63,45 persen, mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021, 62,38 persen,” ucap Bupati KTT, Ibrahim Ali, Jumat (11/8/2023).

Ibrahim melanjutkan, berdasarkan capaian indikator prioritas Sumber Daya Manusia (SDM) Disdikbud KTT, tahun 2023, diukur dari kualitas belajar, lingkungan serta angka partisipasi sekolah sudah cukup baik.  Dengan kategori, pencapaian indikator SDM tuntas. Hal ini dapat dilihat pada implementasi perencanaan berbasis data.

Termasuk dengan kebijakan¬† merdeka belajar, itu memberikan dampak positif dalam mendukung penuh program KTT pintar. “Dengan pencapaian juara umum ke- 2, pada pekan keterampilan dan seni pendidikan agama islam tingkat provinsi Kaltara, tahun 2023,” tukasnya.

Baca Juga:   Talk Show BRGM RI: Bupati Tana Tidung Beber Manfaat Mangrove untuk Lingkungan

Kemudian, Kejuaraan festival lomba seni siswa Nasional tingkat Provinsi Kaltara, meraih juara 1. Selanjutnya, juara 2 ilustrasi musik tradisional, dan juara 3 gambar bercerita.

Dalam keseriusan dalam program pendidikan, pemkab Tana Tidung telah mengucurkan anggaran miliaran rupiah untuk beasiswa, termasuk bantuan bus sekolah serta program satu guru satu laptop yang perlahan telah direalisasikan.

“Implementasi program ini tidak bisa kita serta merta langsung tuntas, kita menyesuaikan dengan anggaran dan skala prioritas, sehingga realisasi visi-misi dan program pemerintah dilakukan secara bertahap, artinya tidak bisa langsung mencapai 100 persen,” tandasnya. (tin/and)

Reporter: Martinus, Editor: Andhika

16.1k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER