spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Kukar Bahas Proses Pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman untuk Tematik dan Kerjasama

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), membahas sejumlah hal terkait pelaksanaan Beasiswa Kukar Idaman untuk Mahasiswa Tematik dan Kerjasama. Yang dibahas oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar.

Kabag Kesra Setkab Kukar, Dendy Irwan Fahriza, menjelaskan bahwa pihaknya sedang membahas terkait jadwal pendaftaran dan seleksi yang ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi yang bekerjasama dengan Pemkab Kukar. Sementara untuk pendaftaran Beasiswa Kukar Idaman memang sudah dibuka sejak 7 Februari-7 April 2024.

Diketahui, perguruan tinggi yang menjalin kerjasama dengan Pemkab Kukar, diantaranya Telkom University, Universitas Islam Indonesia (UII), Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN), Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ), dan Institut Ilmu Alquran (IIQ).

“Tadi itu lebih kepada (membahas) seleksi akademik. Karena prosesnya ada dua, yakni administrasi melalui pendaftaran by sistem, kedua adalah seleksi akademik,” ungkap Dendy.

“Jadi mereka menetapkan dulu jadwalnya, paska penutupan di 7 April,” lanjutnya.

Diketahui untuk tahun 2024, Bagian Kesra Setkab Kukar menyiapkan Beasiswa Kerjasama untuk 200 orang. Diikuti Beasiswa Stimulan 800 orang, Beasiswa Pondok Pesantren (Ponpes) sebanyak 200 orang. Sehingga target sesuai Rencana Kerja (Renja) mencapai 1.200 orang penerima.

Baca Juga:   Disketapang Kukar Tunda GPM, Maksimalkan Persiapan

Harapannya meski ditarget sebanyak 1.200 orang, Dendy mengatakan bisa saja penerima beasiswa melebihi target yang dipatok. Melihat pada tahun 2023 lalu saja mencapai 2.200 penerima. Setelah menerapkan strategis pembukaan beasiswa sebanyak 2 tahap.

“Beasiswa Kukar akan terus berlanjut ditahun-tahun yang akan datang. Karena ini sebagai bentuk investasi SDM bagi pemerintah, yang memang perlu dilanjutkan. Apalagi APBD (Kukar) kita menunjang dan progresnya naik terus,” tutup Dendy. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER