spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemkab Bulungan Gelar Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045

TANJUNG SELOR – Pemerintah Kabupaten Bulungan gelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Bulungan 2025-2045, bertempat di Ruang Tenguyun, Kantor Bupati Bulungan, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan diikuti segenap unsur terkait pemkab, DPRD, Forkopimda, akademisi dan para mitra strategis. Musrenbang mengusung tema ‘Kabupaten Bulungan sebagai Pusat Pertumbuhan yang Berkelanjutan di Kalimantan dengan SDM yang Unggul dan Berdaya Saing.’

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, tema tersebut selaras dengan kondisi Kabupaten Bulungan saat ini. Dimana, Tanjung Selor sebagai pusat Ibukota Provinsi Kalimantan Utara.

Kemudian di Tanah Kuning dan Mangkupadi di Tanjung Palas Timur dibangun Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Hijau, dan Kabupaten Bulungan juga diarahkan sebagai salah satu daerah penyangga pangan untuk Ibukota Nusantara di wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Diterangkan, penyusunan RPJPD sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. “RPJPD bersifat visioner dan memuat hal-hal mendasar sehingga memberi keleluasaan yang cukup bagi penyusunan rencana jangka menengah,” tukasnya.

Baca Juga:   Perubahan Nomenklatur Perusda Berdikari Jadi PT Bulungan Persada Mandiri

“RPJPD diperlukan untuk mengantisipasi perubahan yang secara perlahan tidak terasa dalam jangka pendek, tetapi dapat menimbulkan masalah besar bagi kesejahteraan rakyat dalam jangka panjang,” bebernya.

Kesejahteraan yang dimaksud mencakup perubahan demografi, sumber daya alami, sosial, ekonomi, budaya, politik, pertahanan dan keamanan.(tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER