spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemda Diminta Paparkan Tata Kelola Smart City, Gubernur Hadiri Acara Tahunan ASEAN ASCN di Bali

DENPASAR – Gubernur Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Drs. H. Zainal A Paliwang, S.H., M.Hum berkesempatan hadir dalam acara tahunan ASEAN Smart City Network (ASCN) di Bali.

Diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah ASEAN ASCN yang berlangsung selama 2 hari yakni Rabu-Kamis (12-13/7).

ASCN dihadiri oleh seluruh negara anggota ASEAN. Selain itu, ada juga negara peninjau dalam perhelatan ASCN seperti Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

National Representative Indonesia dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), pada tahun ini telah sukses menjembatani berbagai pertemuan pejabat tinggi, kepala daerah, dan pelaku usaha serta industri dalam ekosistem kota cerdas. Secara serial, pertemuan ini telah berlangsung sebanyak empat kali sebelum puncak kegiatan annual metting berlangsung.

SMART CITY: Gubernur Kaltara, Drs H Zainal A Paliwang SH, M.Hum menghadiri acara tahunan ASEAN ASCN di Bali, Rabu (12/7).

Pada annual meeting ASCN kali ini akan fokus membahas perkembangan smart city di 26 kota di Asia Tenggara. Beberapa negara bahkan bakal menghadirkan secara langsung pejabat setingkat menteri.

Pemerintah pusat maupun Pemerintah Daerah (Pemda) masing-masing negara ASEAN akan memaparkan perkembangan tata kelola kota cerdas di negaranya.

Baca Juga:   Corpu Diharapkan Dapat Meningkatkan Kompetensi ASN

Sebagai informasi, ASCN sendiri didirikan pada 8 Juli 2018 di Singapura sebagai platform kerja sama bagi kota-kota dari sepuluh Negara Anggota ASEAN dalam mewujudkan pembangunan perkotaan yang cerdas dan berkelanjutan dengan menggunakan teknologi sebagai pendukung.

Forum ini diharapkan akan menjadi ‘melting point’ bagi kolaborasi multisektor, baik pemerintah, swasta, maupun publik guna diarahkan untuk mengakselerasi pembangunan kawasan perkotaan, baik di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara. (dkisp)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER