Free Porn
xbporn
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemda Didorong Percepat Tuntaskan Pemekaran Desa

TANJUNG SELOR – Persoalan batas desa di Kabupaten Bulungan belum sepenuhnya tuntas. Pemerintah daerah diminta untuk mempercepat penyelesaian batas desa yang ada, karena ini berkaitan dengan tata kelola pembangunan daerah.

Ketua DPRD Kabupaten Bulungan, Kilat saat dikonfirmasi mengatakan, terkait dengan batas desa DPRD Bulungan mendorong supaya itu dipercepat.

“Terkait dengan batas desa ya, sebenarnya kita dari DPRD mendorong pemerintah, baik itu pemerintah desa maupun kabupaten supaya itu dipercepat,” kata Kilat, saat ditemui oleh wartawan, Senin (24/6/2024).

Soal pemekaran desa itu, kata dia ada kaitannya dengan rencana pemekaran Ibu Kota Kaltara yakni Kota Tanjung Selor. “Iya, bagaimana mau mekar, kalau batas desa saja belum selesai,” ucapnya.

Oleh karena itu, DPRD Bulungan terus berupaya dan mendorong pemerintah daerah, supaya dapat menyelesaikan apa yang menjadi persoalan selama ini.

Salah satu desa di Bulungan yakni Desa Jelarai saat ini batas antar desanya belum tuntas, sehingga dewan sekali lagi mengingatkan untuk menyelesaikan persoalan tersebut. Apalagi, kata dia Desa Jelarai ini direncanakan akan dimekarkan menjadi dua desa. Sehingga, hal penting yang mesti diselesaikan terlebih dahulu yakni batas antar desa yang mesti diselesaikan.

“Iya, tentu ini menjadi atensi kita,” kata Kilat.

Pembicaraan soal pemekaran Desa ini, sambung dia bukan barang baru yang dibicarakan. Rencana ini, kata dia bahkan mendapatkan lampu hijau dari masyarakat.

“Masyarakat sih maunya dimekarkan, itu juga salah satu syarat untuk kota madya. Yakni pemekaran desa dan kecamatan,” jelasnya.

Secara administrasi maupun geografis, Desa Jelarai dianggap layak untuk dimekarkan. Apalagi, jika tidak salah kata dia jumlah penduduk di wilayah Jelarai sudah mencapai sekitar 3 ribu bahkan 4 ribu lebih.

“Peluangnya besar untuk dimekarkan. Tapi kan kita juga tidak bisa menabrak aturan, aturannya seperti apa ya coba dikajilah. Tapi inikan ranahnya di eksekutif, karena berkaitan dengan hal teknis,” tegasnya.

Respon baik dari masyarakat, kata Kilat dilihat dari telah dibentuknya tim untuk pemekaran desa. “Termasuk secara administrasi saya pikir mereka sudah siapkan,” tuturnya.

Karena telah membentuk tim untuk percepatan pemekaran desa, dipastikan secara administrasi Desa Jelarai telah disiapkan guna untuk dimekarkan. (*)

Penulis: Martinus
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER