spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pembangunan Pabrik Rumput Laut di Muara Badak kembali Berlanjut Tahun Ini

TENGGARONG – Proses pembangunan pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar) dipastikan berlanjut pada tahun 2024 ini. Dimana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar akan menggelontorkan anggaran senilai Rp 20 miliar lagi.

Dijelaskan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah, anggaran tersebut dipergunakan untuk pembangunan fasilitas penunjang di area pabrik. Ia pun memastikan bahwa proses pembangunannya, akan rampung diakhir 2024 ini.

Diantaranya fasilitas penunjang seperti pagar, musala, dan semenisasi jalan. Ia pun optimis pabrik olahan rumput laut ini akan beroperasi di tahun depan.

“Kami bertekad untuk menyelesaikan seluruh komponen inti dan pendukungnya pada Desember 2024,” timpalnya.

Dengan kehadiran pabrik ini, diharapkan dapat meningkatkan nilai jual rumput laut dan meningkatkan kesejahteraan petani setempat. Mengingat potensi dari sektor pertanian rumput laut terbilang sangat menjanjikan. Sehingga para petani rumput laut di Kecamatan Muara Badak tidak lagi menjual dalam bentuk barang mentahannya.

Sehingga dari sisi ekonomi, para petani rumput laut akan lebih merasakan manfaatnya. “Pabrik ini juga kita harapkan dapat membuka peluang kerja baru dan mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya. (adv)

Baca Juga:   4 UPTD Pasar Segera Dibentuk Disperindag Kukar
16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER