spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelita Air Berminat Buka Rute Penerbangan di Bandara Juwata

TARAKAN – Maskapai Pelita Air, yang merupakan anak perusahaan dari PT Pertamina berminat membuka rute penerbangan di Bandara Juwata Tarakan, Kalimantan Utara.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Wali Kota Tarakan, Bustan usai memimpin rapat tindak lanjut antara pemkot dengan Maskapai Pelita Air.

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Wali Kota Tarakan, Rabu (15/5/2024) malam.

Bustan menuturkan, respon maskapai Pelita Air terhadap Kaltara, khususnya Tarakan sangat positif. Dibuktikan dengan hadirnya tiga perwakilan Pelita Air baik secara offline maupun online.

“Saya rasa itu tanda-tanda baik dan keseriusan. Mari kita sama-sama berdoa dan kami telah memberikan karpet merah dan fasilitas khusus kepada Pelita,” paparnya.

Dia menargetkan, Pelita Air dapat membuka penerbangan perdana pada akhir Mei 2024 mendatang.

Menurutnya, pesawat ini nantinya dilengkapi dengan tingkat keselamatan yang baik. Sebab merupakan pesawat baru dengan jenis Airbush bermuatan 180 penumpang.

“Kalau saya maunya sesegera mungkin di Mei ini sudah mendarat di Tarakan. Tapi kan butuh visibilty study, melakukan pengecekan dan berdiskusi sesama internal,” katanya.

Baca Juga:   Kendalikan Harga, Pemkot Tarakan Dapat Pasokan 2500 Ton Beras Bulog

Diharapkan dengan adanya maskapai ini, dapat membantu menstabilkan harga tiket penerbangan ke Kalimantan Utara. Serta mampu menyediakan alternatif pilihan sehingga penumpang tidak kehabisan tiket.

“Kami berharap dengan adanya Pelita Air, harga tiket bisa lebih terjangkau dan mengurangi dampak ekonomi berupa inflasi di daerah ini,” kata Bustan.

Rapat yang dilaksanakan secara daring tersebut, juga membahas masalah sulitnya mendapatkan tiket penerbangan menuju Kaltara.

Kesulitan tersebut telah berdampak negatif pada perekonomian daerah, memicu inflasi dan membuat harga barang serta jasa menjadi mahal di Kaltara.

Pemkot Tarakan pun menyatakan kesiapannya, untuk memberikan izin dan memudahkan proses perizinan bagi pembukaan jalur penerbangan oleh Pelita Air.

Adanya sinyal positif dari Pelita Air ini, diharapkan membawa kabar baik dalam waktu beberapa minggu ke depan

“Sehingga rute penerbangan menuju Kaltara bisa segera terealisasi. Kita juga menunggu tindak Lanjut dari pusat,” kata Bustan.

Dengan demikian, rapat ini menjadi langkah awal yang penting dalam upaya mengatasi masalah transportasi udara di Kaltara, demi stabilitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga:   Intip Kegiatan Pj Wali Kota Tarakan Sambut Ramadan 1445 Hijriah

Rapat ini dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Tarakan, Kepala UPBU Bandara Juwata Tarakan, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Tarakan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tarakan, Kepala DPMPTSP, Pimpinan Pertamina Hulu Indonesia Regional 3 Zona 10 Tarakan, dan perwakilan dari Maskapai PT. Pelita Air melalui daring. (Adv)

Penulis: Ade Prasetia

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER