test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pelaksanaan MTQ ke-IX di Tana Tidung, Tuan Rumah Targetkan Juara Umum

TANA TIDUNG – Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX tahun 2024, tingkat Provinsi Kaltara berlangsung di RTH Josef Abdulah Kabupaten Tana Tidung (KTT), Senin (10/6/2024).

Pembukaan MTQ tersebut, dihadiri oleh sejumlah pejabat penting di Kaltara. Yakni Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang didampingi oleh Wakilnya Yansen Tipa Padan, kemudian Sekretaris Provinsi (Sekprov), Suriansyah serta kepala perangkat daerah, lembaga non struktural se-Kaltara.

Selain itu, dihadiri oleh Bupati Bulungan Syarwani, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, serta sekretaris Daerah (Sekda) Risdianto juga pejabat penting lainnya di Pemkab Bulungan serta pejabat penting lainnya di Kabupaten dan Kota se-Kaltara. Termasuk tuan rumah Bupati Kabupaten Tana Tidung, Ibrahim Ali.

Pembukaan MTQ ke-IX tahun 2024 tingkat Provinsi Kaltara, dibuka langsung oleh Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang.

Dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Kaltara mengapresiasi, mendukung dan akan selalu berupaya memberikan perhatian atas terselenggaranya kegiatan MTQ ke-IX tahun 2024 tingkat Provinsi kaltara.

“Saya berharap, kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar. Membawa berkah bagi kita semua,” ucap Zainal.

Sebagaimana diketahui, kata gubernur Alquran merupakan sumber pengetahuan serta mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah. “Mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang sejati dan mana yang palsu,” ucap gubernur.

MTQ ini memiliki posisi yang sangat vital dalam rangka membangun mental spritual. Oleh karena itu, melalui gelaran MTQ di Bumi Upuntaka dapat mengajar semua untuk merefleksi berfikir untuk membangun akhlak dan peradaban.

“Saya mengingatkan kepada kita semua, jangan hanya terjebak dalam kegiatan seremonial kegiatan. Tapi, kita harus menunjukkan kualitas yang terbaik, bukan hanya dalam arena MTQ tapi juga berlomba dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi yang terbaik dalam akhlak dan amalnya,” tegasnya.

Pelaksanaan MTQ sejatinya dapat meningkatkan sikap peradaban yang ditandai dengan berubahnya pola pikir, kebiasaan dan karakter yakni dari pemikiran yang sempit kepada pola pikir yang terbuka dan maju.

Sementara itu, Bupati KTT Ibrahim Ali saat dikonfirmasi mengatakan, selaku tuan rumah pemerintah daerah akan berupaya akan memberikan yang terbaik.

“Karena kami ingin memperlihatkan, bahwa Kabupaten Tana Tidung (KTT) mampu menjadi tuan rumah dalam perhelatan MTQ ke-9 tingkat Provinsi Kaltara,” ucapnya.

Sebagai tuan rumah, kata Ibrahim Ali target kali ini tentunya besar. “Kita targetkan juara umum. Tapi, itukan bagian ikhtiar kita namun semua itu tidak terlepas dari kehendak Allah SWT,” tutupnya. (adv)

Pewarta: Martinus Nampur
Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER