spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pasca Covid-19, Dispusip Berau Berupaya Tingkatkan Jumlah Kunjungan

TANJUNG REDEB – Pasca pandemi Covid-19, kunjungan di Perpustakaan Umum Berau berangsur pulih. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Berau, Yudha Budi Santosa.

Dia mengatakan, jumlah kunjungan ke Perpustakaan Umum Berau mulai normal kembali. Namun, Yudha tetap optimis angka kunjungan terus meningkat.

Dirinya memaparkan, berbagai upaya untuk memicu meningkatnya angka kunjungan ke Perpustakaan Umum Berau telah dilakukan. Seperti memanfaatkan teknologi digital dalam pelayanan perpustakaan.

“Hal itu sesuai dengan perkembangan zaman saat ini. Kami terus berupaya memberi fasilitas yang sifatnya digital, seperti pengelolaan yang sudah menggunakan ITE,” terangnya, Selasa (12/9/2023).

Selain berinovasi dengan memberikan pelayanan secara digital, Yudha juga menyebut saat ini Perpustakaan Umum Berau memiliki buku digital yang dapat diakses kapan dan dimanapun oleh seluruh masyarakat.

“Dengan menarik minat baca, salah satu upaya untuk mencerdaskan masyarakat.
Kita terus upayakan peningkatan jumlah kunjungan dengan menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang nyaman bagi masyarakat,” tegasnya.

Dirinya memaparkan, selain di wilayah perkotaan, pihaknya juga berupaya memajukan literasi di perkampungan, melalui perpustakaan dibawah binaan Dispusip Berau.

Baca Juga:   DPKD Kaltim Ajak Masyarakat Untuk Memanfaatkan website Pustaka Borneo, Untuk Mengenalkan Budaya

“Sebagian besar kampung yang ada di Berau sudah memiliki perpustakaan. Kami akan terus kembangkan sampai seluruh kampung punya perpustakaan,” katanya.

Agar seluruh kampung memiliki perpustakaan, kata Yudha, Dispusip Berau berupaya menggelar lomba perpustakaan antar kampung.

“Itu kami gelar secara rutin tiap tahun. Lomba perpustakaan ini juga kami lakukan agar perpustakaan terus menyebar ke seluruh kampung dan mereka semua berada di bawah binaan kami,” imbuhnya.

Diungkapkan pula, salah satu metode lainnya seperti saat memperingati Bulan Kunjung Perpustakaan pihaknya isi dengan melaksanakan Festival Literasi.

“Luar biasa antusias warga mengikuti berbagai rangkaian lomba dan aneka kegiatan di Festival Literasi. Kami juga merasa bangga mendapat dukungan luar biasa dari ibu Bupati Berau,” pungkasnya. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER