spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lepas Jemaah Haji Asal Tarakan, Jamaludin : Jaga Kekompakan, Fisik dan Mental

TARAKAN – Kegiatan pelepasan jemaah calon haji dilaksanakan Pemkot Tarakan di Gedung Serbaguna, Minggu (5/5/2024) pagi.

Kegiatan pelepasan dipimpin langsung Jamaluddin, Sekda Pemkot Tarakan mewakili PJ Wali Kota Tarakan, Bustan.

Jamaludin mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji Kota Tarakan yang Insya Allah pada tanggal 20 dan 21 Mei nanti akan memulai perjalanannya ke tanah suci.

Di kesempatan ini, dia juga menitipkan sejumlah pesan kepada jemaah haji asal Tarakan.

Pertama, menunaikan ibadah haji bukanlah sekedar untuk mendapatkan gelar haji. Lebih dari itu, menurutnya tujuannya untuk memperoleh haji yang mabrur.

“Untuk itu, amalkan semua ilmu dan pengetahuan yang didapat selama proses bimbingan Manasik Haji beberapa waktu yang lalu,” ucap Jamaluddin dalam sambutannya.

Kedua, selama berada di tanah suci, dia meminta untuk menjaga kekompakkan dengan sesama jamaah. Tingkatkan kepedulian serta terus jaga kondisi fisik dan mental agar tetap prima, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat diikuti dengan baik dan maksimal.

“Dengarkan dan ikuti arahan dari para pendamping sehingga semua dapat berjalan dengan baik,”terangnya.

Baca Juga:   Tergiur Uang Rp30 Juta, Seorang Ibu Nekat Jadi Kurir Sabu

Ketiga, selama berada di tanah suci, jemaah akan berbaur dengan jamaah haji dari seluruh dunia. Jemaah diminta untuk mampu beradaptasi dengan situasi tersebut.

“Jaga kekompakan sesama anggota jamaah haji, kendalikan emosi diri dengan menghindari pertengkaran sesama jamaah,”katanya.

Keempat, meminta untuk menghindari perbuatan yang tidak terpuji, bangunlah rasa kasih sayang dan semangat persaudaraan. Diharapkan, amaah haji Indonesia khususnya Kota Tarakan sebagai sosok haji yang berakhlak mulia.

“Terakhir, saya menitipkan harapan agar Bapak dan Ibu sekalian dapat mendoakan Bumi Paguntaka, Kota Tarakan yang kita cintai ini, sehingga masyarakat dan pemerintahannya dapat terus bahu membahu mewujudkan Tarakan yang maju, sejahtera dan selalu berada dalam lindungan Allah Subhanahuwata’ala,” harapanya.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 153 jemaah haji asal Tarakan dijadwalkan berangkat ke Tanah Suci pada Mei 2024.Keberangkatan jemaah haji nantinya akan dibagi menjadi dua kloter.

Kloter pertama dijadwalkan pada 21 Mei. Sedangkan kloter kedua berangkat pada 23 mei 2024. Sebenarnya jumlah keseluruhan Jemaah haji Tarakan yang berangkat sebanyak 154 orang. Namun, ada satu orang yang meninggal dunia sehingga jumlahnya 153 orang. (apc/and)

Baca Juga:   Sirekap Alami Gangguan, Penghitungan Suara Pemilu di Tarakan Ditunda

Reporter: Ade Prasetia
Editor: Andhika

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER