spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Inovasi Lapak Ikan Sukses Menarik Minat Masyarakat, Dalam 3 Hari 211 Permohonan Paspor Berhasil Diproses

TANJUNG SELOR – Inovasi pelayanan publik dari Kantor Imigrasi Tarakan, yaitu Layanan Paspor Keliling (Lapak Ikan) yang diadakan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bulungan, pada 22-24 April 2024, berhasil menarik minat serta partisipasi masyarakat.

Wakil Bupati Kabupaten Bulungan, Ingkong Ala, turut memberikan apresiasinya terhadap layanan yang diberikan. “Saya sudah mencoba layanan tersebut, dengan inovasi yang dihadirkan oleh Imigrasi Tarakan, sangat memudahkan masyarakat Kabupaten Bulungan. Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan,” ujar Ingkong Ala.

Dalam tiga hari pelayanan, sebanyak 211 permohonan paspor berhasil diproses, terdiri dari 109 permohonan paspor baru dan 102 permohonan pergantian paspor.

Selain itu, Kantor Imigrasi Tarakan juga memperkenalkan layanan paspor elektronik (E-paspor) dalam kegiatan tersebut, hal ini, mencerminkan komitmennya terhadap modernisasi dan peningkatan pelayanan.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Tarakan, Andi Mario menyoroti beberapa keunggulan E-paspor dibandingkan dengan paspor biasa. “Meskipun lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa, paspor elektronik memiliki keamanan data yang lebih tinggi,” kata dia.

Baca Juga:   Belasan Rumah di Long Beluah Ludes Terbakar

Disamping itu, proses imigrasi yang lebih cepat pada tempat yang tersedia fasilitas autogate, penerimaan yang lebih luas secara global, dan manfaat pengecualian visa untuk perjalanan ke Jepang.

Pengenalan layanan paspor elektronik mendapat tanggapan positif dari masyarakat, dengan 44 orang menyatakan minat mereka untuk mendapatkan paspor elektronik selama kegiatan Lapak Ikan berlangsung. Hal Ini menandakan permintaan yang meningkat akan solusi dokumen perjalanan yang lebih aman dan efisien.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Kepala Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bulungan, serta jajarannya yang membantu terlaksananya kegiatan ini. Termasuk bagi masyarakat Kabupaten Bulungan yang antusias dalam mengikuti kegiatan itu.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan paspor, guna memenuhi kebutuhan yang terus berkembang dari masyarakat,” tandasnya.(tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER