spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Hari Kunjungan Perpustakaan Nasional, Duta Bahasa Kaltimtara Ajak Tingkatkan Budaya Literasi

SAMARINDA – Dalam peringatan Hari Kunjung Perpustakaan Nasional ke-28 pada Kamis (14/9/2023) lalu, sejumlah Duta Bahasa Kalimantan Timur dan Utara mengunjungi Perpustakaan Kaltim di Samarinda.

Dalam kunjungan tersebut, Duta Bahasa Kaltimtara 2023 Rona Safira Ihin tidak sendirian, gadis cantik ini bersama empat Duta Bahasa lainnya.
“Kunjungan kami ini karena memperingati hari kunjungan perpustakaan,” ujar Rona.

Gadis asal Desa Mara Satu, Kabupaten Bulungan Kaltara ini mengatakan, tujuan kunjungannya ke Perpustakaan milik Badan Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim tersebut untuk membudayakan berkunjung ke perpustakaan agar mampu meningkatkan budaya literasi.

“Menumbuhkan budaya berkunjung ke perpustakaan,” ujar Mahasiswi Universitas Mulawarman (Unmul) Fakultas Seni Budaya ini.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Rona dan rekannya ingin membuat konten video mengenai perpustakaan, yang intinya sebagai sarana untuk memperkenalkan perpustakaan dan mengembangkan literasi.

“Kita mau buat konten soal perpustakaan, jadi kita mau sosialisasikan lewat video konten, keunggulan-keunggulan perpustakaan, agar menarik para pemuda agar mencintai perpustakaan,” katanya.

Rona juga mengajak para pemuda meningkatkan budaya literasi sebagai penunjang pendidikan. “Pesan generasi muda, minat literasi harus ditingkatkan dan mulai dari hal-hal yang kita suka,” ajaknya.

Baca Juga:   Lestarikan Naskah Kuno, DPK Kaltim Ajak Masyarakat yang Memiliki untuk Diarsipkan

Diketahui Hari Kunjung Perpustakaan diperingati sejak 14 September 1995, atas prakarsa Kepala Perpustakaan Nasional RI Pertama Mastini Hardjoprakoso dalam rangka untuk meningkatkan semangat literasi masyarakat dengan gemar melakukan kunjungan ke perpustakaan. (adv/and)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER