spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

GPM di Kukar Dibuka Selama 2 Hari, Penuh Diserbu Ibu-ibu

TENGGARONG – Gerakan Pangan Murah (GPM), akhirnya secara resmi bergulir di Kutai Kartanegara (Kukar). Dibuka langsung oleh Asisten II Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar, Ahyani Fadianur Diani, di Taman Eks Perumahan Tanjung, yang berlokasi di Jalan Diponegoro, Kelurahan Panji, Kukar, pada Selasa (19/3/2024).

GPM sendiri merupakan gerakan nasional yang dilakukan secara serentak di 38 provinsi dan 514 kabupaten dan kota, salah satunya di Kukar. Merupakan upaya pemerintah dalam rangka menstabilisasi pasokan dan harga pangan serta pengendalian inflasi. Juga upaya menekan harga menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Bulan Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijiriah. Untuk di Kukar akan dilakukan selama dua hari, yakni tanggal 19-20 Maret 2024.

“GPM ini bertujuan untuk masyarakat dalam rangka HKBN, dari tadi pagi sudah dimulai beras 15 ton yang diedarkan tadi,” ungkap Ahyani.

Khusus untuk Badan Urusan Logistik (Bulog) akan kembali menyiapkan beras mencapai 10 ton lagi, pada pelaksanaan hari kedua. Tak hanya melibatkan Bulog saja, juga melibatkan Kelompok Wanita Tani (KWT) KTNA, sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait yang ikut serta. Hingga keterlibatan dari toko-toko retail di Tenggarong.

Baca Juga:   BUMDes Sumber Purnama Sudah Lakukan Pembinaan Gapoktan Hingga ke Kecamatan Anggana

“Kami dengan adanya gerakan ini membantu masyarakat dalam proses ketahanan pangan, dengan adanya ini dapat menjadi membantu masyarakat sekitar dan lainnya,” tutup Ahyani.

Diketahui, sejak Selasa (19/3/2024) pagi memang terpantau ratusan masyarakat memenuhi area pelaksanaan GPM Kukar 2024. Sebagian besar memang dipenuhi oleh Ibu Rumah Tangga (IRT). Rela mengantri untuk mendapatkan beras, minyak goreng (migor), tepung, sayuran dan beberapa kebutuhan pokok lainnya. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER