spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Distransnaker Kukar kembali Buka Program Pelatihan dan Peningkatan Kapasitas Pencari Kerja

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) kembali membuka pelatihan kerja. Sesuai dengan Program Kegiatan Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja, yang digulirkan oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Distransnaker) Kukar.

Pengumuman ini berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Distransnaker Kukar, terkait rekrutmen calon peserta kegiatan pelatihan kerja. Melalui surat ini, meminta para seluruh camat di Kukar untuk mensosialisasikannya ke masyarakat secara luas.

“Melalui anggaran APBD tahun 2024 sesuai hasil kesepakatan musrenbang dan Pasar Kerja yang kegiatannya berupa Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK),” tulis Plt Kepala Distransnaker Kukar, Muhammad Hatta.

Rekrutmen sendiri dibuka hingga 19 Mei 2024. Dengan masyarakat atau pencari kerja (pencaker) mendaftarkan diri secara daring. Melalui aplikasi online https://siap-kerja.kukarkab.go.id/home.

Total ada sebanyak 8 kejuruan yang akan mendapatkan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Yakni masing-masing pelatihan dasar mekanik alat berat sebanyak 630 kuota, pelatihan basic operator alat berat sebanyak 170 kuota, pelatihan design grafis sebanyak 170 kuota.

Selanjutnya pelatihan konten kreator sebanyak 240 kuota, pelatihan instrumentasi (migas) sebanyak 240 kuota, pelatihan pengelasan SMAW 3G sebanyak 360 kuota, pelatihan gada pratama (security) sebanyak 120 kuota dan pelatihan operator forklift sebanyak 160 kuota.

Baca Juga:   Pedagang Pasar Tumpah di Area Pasar Tangga Arung Ditertibkan Satpol PP Kukar

Dalam pelaksanaannya, Distransnaker Kukar pun menggandeng dan bekerja sama dengan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang berkompeten. Agar dapat melatih tenaga kerja khususnya tenaga kerja lokal, yang disiapkan untuk dapat menjadi tenaga kerja siap pakai dan berdaya saing sesuai potensi ekonomi lokal maupun tingkat regional.

“Melalui Bidang Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja menyampaikan

informasi terkait dengan kegiatan tersebut agar pihak Kecamatan dapat meneruskan hal ini kepada masyarakat lokal atau pencaker yang berada di kecamatan untuk dapat mengikuti kegiatan tersebut,”¬†tutupnya.¬†(adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER