spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Sebelimbingan Ditunjuk Jadi Lokasi Sosialisasi Bahaya Karhutla

TENGGARONG – Desa Sebelimbingan ditunjuk oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sub DAS Belayan, sebagai lokasi sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Bertempat di Sekretariat  BUMDes Desa Sebelimbingan, pada Kamis (25/4/2024).

Kepala Desa (Kades) Sebelimbingan, Sauqani, pun mengapresiasi KPHP Sub Das Belayan yang memilih Desa Sebelimbingan sebagai lokasi sosialisasi. Sebagai bentuk kepedulian KPHP Sub Das Belayan terhadap Desa Sebelimbingan.

Sauqani pun menjelaskan, semenjak terbentuknya Masyarakat Peduli Api (MPA) di Desa Sebelimbingan, hampir tidak pernah terjadi kebakaran hingga meluas. Disamping ia meminta warga Desa Sebelimbingan tetap saling membantu dalam kepedulian terhadap lingkungan sekitar agar tidak terjadi kebakaran.

“Saya berharap agar warga memperhatikan kalau ada kebakaran dengan sigap untuk menyiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk memadamkan api,” ujar Sauqani.

Faktor kebakaran yang salah satunya merupakan musim kering, termasuk aktivitas warga yang akan membuka lahan seperti lahan gambut dan disosialisasikan ke warga desa. Termasuk berkoordinasi dengan Dinas Kehutanan.

Ia pun meminta warganya untuk memperhatikan sampah-sampah dan daun yang kering. Serta rumah sebelum bepergian diharapkan cek kembali apakah betul-betul sudah aman sehingga tidak menimbulkan kebakaran.

Baca Juga:   Siap Selenggarakan MTQ, Kecamatan Tenggarong Tunjuk Kelurahan Jahab

“Berbanggalah karena tidak terjadi kebakaran karena kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar,” tutup Sauqani.

Sosialisasi ini sendiri menjadi usaha dan upaya bersama dalam mencegah, penanggulangan agar tidak terjadi kebakaran. Meskipun terjadi kebakaran di desa tidak melebar atau meluas. Maka dari itu memperhatikan sampah disekitar, karena bisa menjadi penyebab dari kebakaran dan apabila ingin melakukan pembakaran yang skala besar harap menghubungi pihak KPHP Sub Das Belayan. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER