spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Desa Batuah Siap Bertarung dalam Lomba Desa BRILian 2024

TENGGARONG – Desa Batuah, Kecamatan Batuah, tampak serius dalam meningkatkan kapasitas seluruh perangkat desa hingga masyarakatnya. Salah satunya dengan mengikuti program Desa BRILian yang digagas oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ditandai dengan mengikuti “Kick Off Program New Desa BRILian 2024”, secara virtual pada Senin (22/4/2024) lalu.

Dengan mengusung tema “Pengembangan Desa melalui Kepemimpinan Kolaboratif di Era Digital”, Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah berharap program ini mampu meningkatkan kapasitas masyarakat desa yang terdiri dari unsur perangkat desa, BUMDes, pelaku usaha, tokoh masyarakat desa dan pendamping desa. Untuk menjadikan desa menjadi mandiri, inovatif, terdigitalisasi dan berkelanjutan.

“Kami sudah mempersiapkan diri sejak awal. Sejauh ini koordinasi dengan pihak BRI dan stakeholder juga terus dilakukan agar persiapan semakin maksimal,” jelas Kepala Desa (Kades) Batuah, Abdul Rasyid.

Tak hanya itu, Rasyid juga terus melakukan koordinasi dengan masyarakat melalui penguatan program pemberdayaan masyarakat. Apalagi, lanjutnya tugas utama kades harus berkolabrasi dengan semua pihak untuk terus berinovasi memberikan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Baca Juga:   BPBD Kukar Turunkan Tim Pantau Kondisi Kecamatan Tabang, Paska Banjir Mahulu

“Kami sudah siap mengikuti lomba. Semoga apa yang kami lakukan di desa akan memenuhi syarat sebagai peserta lomba Desa BRILian 2024,” harapnya.

Untuk diketahui, program ini adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat desa oleh PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk yang bekerjasama dengan Puslitdesbangda LPPM UNS. Total 473 desa yang berasal dari wilayah Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi untuk mengikuti lomba ini.

Kegiatan ini akan dihadiri oleh berbagai unsur dan pihak-pihak yang memiliki peranan strategis di dalam pembangunan desa yang unggul, maju dan berkelanjutan. Turut hadir diantaranya, Plt Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta, Dr Chatarina Muliana.

Selain itu, juga dihadiri Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ir Harlina Sulistyorini. Kepala Divisi Social Entrepreneurship dan Incubation PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk, Evi Sulistyowati.

Kepala Desa Bansari Temanggung sebagai Pemenang Desa Brilian 2023, Herlan. Kepala Pusat Penelitian Pedesaan dan Pengembangan Daerah (Puslitdesbangda) LPPM UNS, Dr Muhammad Hendri Nuryadi. (adv)

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER