test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DBH Rp 14 Miliar untuk Perbaikan Jalan Menuju Desa Kelubir dan Ruhui Rahayu

TANJUNG SELOR – Perbaikan infrastruktur jalan penghubung antar Desa Kelubir dan Desa Ruhui Rahayu, Kecamatan Tanjung Palas Utara jadi fokus perhatian oleh pemerintah daerah.

Rencana perbaikan jalan tersebut akan mengoptimalkan anggaran yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) perkebunan kelapa sawit. DBH tersebut sebesar Rp 14 miliar akan diperuntukkan guna mengatasi kerusakan jalan dan meningkatkan konektivitas masyarakat.

“Jalan ini sangat penting karena selain menghubungkan dua desa juga menjadi akses kegiatan pertanian warga setempat,” kata Bupati Bulungan, Syarwani, belum lama ini.

Meski alokasinya juga belum cukup untuk menyelesaikan perbaikkan ruas jalan, pada tahun depan, Pemda Bulungan akan kembali menuntaskan akses jalan tersebut.

DBH perkebunan kelapa sawit adalah kebijakan pemerintah pusat bagi daerah penghasil kelapa sawit. Sehingga syarat utama untuk mendapatkan alokasi anggaran DBH perkebunan kelapa sawit adalah menjadi daerah penghasil kelapa sawit.

Di Bulungan, kata dia ada beberapa perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit. Sehingga Pemda Bulungan mendapatkan alokasi anggaran tersebut.

Sektor perkebunan kelapa sawit menjadi sektor unggulan dalam menghasilkan devisa bagi daerah. Oleh karena itu, pemanfaatan DBH perkebunan kelapa sawit dengan memperbaiki infrastruktur jalan dapat menjadi langkah awal untuk meningkatkan perekonomian. Guna memastikan efektivitas penggunaan alokasi DBH tersebut, Pemda Bulungan akan memantau penggunaannya dengan ketat.

“Harus dikawal dengan ketat sehingga peruntukannya tepat sasaran,” tukasnya.

Melalui perbaikan jalan, mobilitas masyarakat di wilayah dapat meningkat, sektor perkebunan kelapa sawit dapat berkembang pesat, dan pengembangan usaha dalam sektor lain dapat lebih dimudahkan.

Oleh karena itu, penting bagi Pemda Bulungan untuk merencanakan dan melaksanakan program kerja dengan baik, sehingga alokasi DBH perkebunan kelapa sawit dapat termanfaatkan secara efektif dan dapat mendukung pengembangan wilayah daerah Bulungan dari sisi infrastruktur jalan.(tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER