test
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Data DP4 Alami Peningkatan Dari DPT, Segini Besarannya!

TANJUNG SELOR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bulungan telah menerima Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari KPU RI.

Hal itu dibenarkan oleh Komisioner KPU Bulungan Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Mistang. Kepada sejumlah wartawan, dia katakan sejak tanggal 2 Mei 2024 yang lalu, KPU RI sudah menerima data dari Kemendagri.

Setelah menerima data tersebut, kurang lebih hampir dua pekan, data tersebut diteruskan keĀ  KPU Provinsi untuk kemudian dilanjutkan ke KPU di tingkat kabupaten dan kota.

“Tanggal 18-19 Mei 2024 lalu, kita telah menerima data DP4 tersebut yang sifatnya sementara. Jumlahnya mencapai 115.677 pemilih,” ucap Mistang, kepada sejumlah awak media, saat ditemui di kantor KPU Bulungan, Senin (27/5/2024).

Tahapan selanjutnya, KPU Bulungan akan menyandingkan jumlah tersebut dengan DPT terakhir pada pemilu Februari lalu, yakni mencapai 112.168 pemilih.

“Kalau kita lihat dari DPT terakhir dan DP4 yang ada saat ini, ada kenaikan sebanyak 3.539 pemilih. Tapi, itu belum ditetapkan dalam daftar pemilih tetap, karena proses pemuktahiran itu masih ada,” terangnya.

Setelah turun DP4, KPU Bulungan akan melakukan pencermatan dan jika tidak ada aral melintang, pada 24 Juni dijadwalkan akan melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) terhadap data tersebut.

“Data DP4nya sudah ada, tapi belum difinal,” bebernya.

Kemudian pada 28 Mei KPU Bulungan akan menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama pantarlih, untuk mencermati kembali data tersebut mulai dari pemilih dalam satu TPS termasuk jumlah TPSnya.

Kebutuhan pantarlih dan jumlah TPS nanti dimungkinkan ada perubahan. Dalam rancangan PKPU pemuktahiran itu, untuk pemilih dalam satu TPS dengan jumlah lebih dari 400 dapat menggunakan dua petugas pantarlih.

Kalau pemilu kemarin, jumlah TPS KPU Bulungan mencapai 484 TPS dan jumlah petugas pantarlihnya juga sama. Masing-masing satu pantarlih dalam satu TPS.

“Tapi, kalau di pilkada sangat dimungkinkan dalam satu TPS dengan pemilih di atas 400 orang, bisa ditempatkan 2 orang pantarlih,” tukasnya.

Hanya saja, dari rancangan awal KPU Bulungan, jumlah TPS di Bulungan itu mencapai 330 dengan jumlah pemilih dalam satu TPS rerata di atas 400 pemilih. (tin)

Editor: Yusva Alam

16.4k Pengikut
Mengikuti

BERITA POPULER